Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Marketplace? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

online marketplace

ASUPAN – Pasar online atau yang lebih dikenal dengan sebutan online marketplace sudah tidak asing lagi bagi kalian yang suka berbelanja secara online.

Data pada tahun 2020 menyebutkan, bahwa sebagian besar orang mengabiskan uang total $2,6 triliun untuk berbelanja online di marketplace. Jaman sekarang semakin banyak orang yang berbelanja lewat online untuk mencari suatu produk yang mereka ingin.

Banyak bisnis atau usaha yang berlomba-lomba untuk menjual produk maupun jasa di marketplace secara online dikarenakan sistem belanja online sudah sangat terkenal.

Marketplace Adalah

Marketplace adalah suatu platform online dengan layanan bisnis beraneka ragam untuk menjual suatu produk atau layanan kepada pembeli maupun pelanggan yang telah ditentukan sebelumnya.

Di marketplace, kalian bisa menemukan berbagai macam produk yang kalian ingin. Kalian juga bisa menemukan jasa maupun layanan yang kalian cari.

Istilah marketplace sudah sangat melekat di telinga para masyarakat, khususnya yang suka berbelanja online. Selain praktis, berbelanja di marketplace juga bisa menghemat waktu karena tidak harus datang ke toko penjual

Jenis Dan Contoh Marketplace

Ada 2 jenis marketplace secara umum, yaitu:

1. Marketplace E-Niaga (E-Commerse)

Saat kalian melakukan aktifitas jual beli secara online, maka kalian termasuk pengguna e-commerse dalam jenis marketplace.

E-commerse ini paling sering digunakan bagi kalian yang ingin menjual suatu produk secara online. Disini kalian bisa berjualan online dari mulai baju, sepatu, pulsa, token listrik, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Contoh marketplace jenis e-commerse di luar negeri yaitu Amazon, Ebay, Facebook Market, Walmart, Alibaba, dll. Untuk e-commerse di Indonesia sendiri terdapat Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, dll.

2. Marketplace Service (Layanan)

Selain marketplace jenis e-commerse, ada lagi jenis marketplace service yang dikhususkan untuk mencari jasa atau layanan.

Disini kalian bisa mencari mulai jasa fotografi, konsultasi, tukang servis, dan lain sebagainya. Berbeda dengan e-commerse, marketplace jenis layanan ini produknya tidak berwujud karena berupa layanan jasa.

Home Advisor, Angi, Thumbtack adalah beberapa contoh marketplace berjenis layanan dari luar negeri. Sementara di Indonesia terdapat Seekmi, Ahlijasa, Tukang.com, Beres.id, dll.

Manfaat Marketplace Untuk Bisnis

Di atas sudah dijelaskan pengertian dari marketplace secara umum. Selanjutnya akan dibahas apa saja keuntungan atau manfaat dari marketplace dalam suatu bisnis. Berikut penjelasannya!

1. Jangkauan Pembeli Lebih Luas

Manfaat dari marketplace yang utama yaitu bisa menjangkau pembeli lebih luas. Jaman sekarang beragam informasi maupun kebutuhan bisa diakses lewat media internet.

Bayangkan saja ketika kalian berjualan secara online, maka dari Sabang sampai Merauke, produk kalian bisa ditemukan hanya melalui internet saja.

Berbeda ketika kalian jualan secara offline, maka hanya beberapa daerah saja yang tau tentang produk kalian.

2. Marketplace Lebih Disukai Pembeli

Sekarang ini orang-orang lebih menyukai berbelanja dari marketplace karena kemudahan yang ditawarkan dan tinggal klik. Apalagi rata-rata sudah mempunyai smartphone, sehingga lebih memudahkan dalam berbelanja online lewat marketplace.

Belum lagi dengan adanya diskon atau promo-promo yang ditawarkan oleh marketplace itu sendiri. Maka dengan sendirinya pembeli akan datang dan lebih suka berbelanja di marketplace secara online.

Bagi pebisnis, ini merupakan peluang karena kebanyakan masyarakat Indonesia suka sekali berbelanja. Maka tunggu apalagi? Kalian bisa jualan online tanpa stok produk sama sekali loh.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Ketika kalian memutuskan untuk berjualan secara online di marketplace, maka kalian tidak perlu lagi repot bangun ruko, ataupun sewa tempat untuk berjualan.

Di marketplace, kalian bisa langsung bangun toko kalian secara online dan mudah sehingga tidak perlu lagi biaya tambahan untuk sewa tempat.

Selain itu kalian juga tidak perlu repot untuk renovasi ruko maupun tempat usaha, urusin pajak bangunan, dll. Di marketplace, kalian bisa dengan mudah membangun toko tanpa ribet untuk menghemat waktu dan biaya sehingga keuangan bisa diputar lagi untuk operasional yang lainnya.

4. Di Handle Dari Manapun Tetap Bisa

Yang namanya dunia online, kalian tidak perlu lagi untuk bertatapan langsung dengan pembeli atau pelanggan setia kalian. Kalian hanya perlu jaringan internet untuk dapat melayani para pembeli.

So, marketplace bisa jadi salah satu fasilitas terbaik bagi kalian yang ingin membangun bisnis. Kalian bisa kerjakan bisnis kalian darimana saja yang kalian mau.

Kemudahan akses dan sistem yang fleksibel membuat bisnis kamu bisa kamu handle dari mana saja. Tapi ingat harus ada jaringan internet ya.

5 Marketplace Indonesia Dengan Pengunjung Terbanyak

Sudah siap untuk jualan online? Bingung produk apa yang mau dijual? Simak cara memilih produk jualan online terlaris.

Berikut ini ada 5 marketplace di Indonesia dengan pengunjung paling banyak saat ini.

1. Tokopedia

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2009. Disini kalian bisa menemukan produk-produk yang ingin kalian miliki seperti kaos, sepatu, jam tangan, gadget, dll.

Kalian juga bisa membayar berbagai macam tagihan listrik, PDAM, pajak, iuran, dll.

Menurut data dari iPrice, rata-rata pengunjung di marketplace tokopedia ini mecapai 157 juta pengunjung bulanan pada triwulan I tahun 2022.

Jika kalian ingin berjualan di tokopedia, kalian tinggal klik daftar lalu masukkan email atau nomor hp kalian, setelah itu tinggal ikuti langkah-langkah selanjutnya.

apa itu marketplace

2. Shopee

Shopee merupakan situs jual beli online yang berpusat di Singapura. Shopee pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2015.

Di tahun 2022 ini, pengunjung shopee pada triwulan I sebanyak 132 juta pengunjung bulanan yang meningkat dari tahun ke tahun.

Di marketplace ini, kalian bisa menemukan berbagai macam tawaran produk kebutuhan, selain itu juga bisa pesan makanan melalui program shopee food.

Untuk mendaftar jadi bagian dari shopee sendiri, kalian tinggal klik daftar pada kanan atas lalu masukkan nomor telepon kalian.

pengertian marketplace

3. Bukalapak

Pada tahun 2010, Bukapalak resmi menjadi marketplace e-commerse di Indonesia. Sama seperti marketplace lainnya, disini kalian bisa membeli kebutuhan kalian dan membayar berbagai macam tagihan.

Dengan rata-rata pengunjung bulanan sebanyak 29,8 juta, bukalapak menjadi salah satu marketplace e-commerse terbesar yang ada di Indonesia.

Untuk mendaftar ke bukalapak, kalian tinggal klik daftar lalu masukkan nomor telepon atau email. Kalian juga bisa langsung memakai akun facebook atau akun google kalian sehingga otomatis akan terdaftar.

arti dari marketplace

4. Lazada

E-commerse Lazada merupakan anak dari e-commerse besar luar negeri yaitu Alibaba. Lazada sendiri mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2012.

Lazada memiliki jumlah pengunjung 30 juta per bulan di Indonesia. Disini, kalian bisa menemukan brand-brand terkenal luar negeri.

Di desain layaknya Alibaba, di Lazada juga ditampilkan deskripsi produk menggunakan gambar, sehingga tidak hanya berupa teks saja.

Untuk bergabung dengan lazada, kalian tinggal klik daftar lalu masukkan nomor telepon kalian yang nantinya akan dikirim kode melalui sms. Setelah itu kalian tinggal melengkapi kata sandi dan data diri lalu pilih lagi daftar.

Kalian juga bisa daftar melalui akun facebook dan google kalian.

marketplace adalah

5. Blibli

Anak perusahaan dari PT. Djarum ini didirikan pada tahun 2010. Blibli mempunyai pengunjung bulanan sebesar 19 juta pengunjung.

Sama seperti marketplace e-commerse lainnya, disini kalian bisa berbelanja online untuk produk yang kalian inginkan.

Jika ingin bergabung, kalian tinggal klik daftar di pojok kanan atas. Setelah itu kalian isi nama lengkap, nomor hp atau email dan kata sandi. Setelah semuanya terisi, kalian tinggal centang syarat dan ketentuan lalu klik daftar.

marketplace artinya

Marketplace Adalah Kunci Untuk Penghasilan Tambahan

Di marketplace, kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bergabung menjadi penjual. Kalian bisa menjadi supplier, reseller, dropshipper dan lainnya.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, berjualan di marketplace juga tidak menyita waktu serta biaya. Di marketplace pun kalian bisa menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh Indonesia hanya dari satu platform saja.

Kalian bisa coba untuk membangun toko di satu platform terlebih dahulu, jika toko sudah mulai berkembang, kalian bisa memperluas toko di platform e-commerse lainnya.

Demikian pengertian tentang apa itu marketplace serta berbagai penjelasan lengkap mengenai marketplace itu sendiri. Semoga membantu yaa.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Marketplace? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!"