Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dropshipper Itu Artinya Apa Sih?

ASUPAN - Di tahun 2022 ini banyak sekali yang mendengar istilah dropshipper tapi belum tau arti dari dropshipper itu sendiri. Yuk kita bahas satu-satu, apa sih artinya dropshipper? Cara kerjanya gimana? Emang beneran dropshipper tanpa modal?

Sumber: freepik

Belanja Kebutuhan Rumah Yang Murah : Allparts - Your Living Partners


1. APA ITU DROPSHIPPER

Dropshipper artinya sebuah profesi/gelar/sebutan untuk seseorang yang nggak punya barang/produk untuk dijual, tetapi hanya memasarkan barang/produk orang lain (produsen) dengan catatan harga telah di mark up (dinaikkan) terlebih dahulu oleh si dropshipper sebelum dijual ke pembeli (konsumen) tanpa perlu stok barang/produk.

Sumber: freepik

Ilustrasinya begini, Mbok Ijah pengen jualan online tapi nggak punya stok barang. Nah di sisi lain Bang Mamat punya banyak stok barang, misal parfum seharga 10.000 per botol untuk dijual online. Lalu Mbok Ijah minta ijin ke Bang Mamat untuk bantu ngejualin parfumnya tanpa harus nyetok parfum dan tanpa komisi dari Bang Mamat. Jadi Mbok Ijah mencari keuntungan/profit sendiri dari mark up (naikkan) harga jual.

Langkah selanjutnya, Mbok Ijah buat toko online di marketplace dan ngejualin parfum Bang Mamat dengan harga yang udah di mark up (di naikkan) seharga 15.000 per botol. Jadi Mbok Ijah bisa dapat untung 5.000 per botol untuk setiap 1 penjualan botol parfum.

Nah dari situlah Mbok Ijah sudah resmi berprofesi jadi dropshipper.

2. CARA KERJA DROPSHIPPER

Sumber : freepik.com/dropshipping-model-concept-illustration

Berlanjut dari ilustrasi di atas, sekarang Mbok Ijah sudah punya toko online sendiri dimana foto produknya adalah produk parfum nya si Bang Mamat. 
Mbok Ijah juga sudah menaikkan harga nya sehingga punya profit dari setiap produk. Jadi kalau ada pembeli yang beli di toko online nya Mbok Ijah gimana? Ini yang dilakuin Mbok Ijah :

1. Ketika ada pembeli yang beli di toko Mbok Ijah tadi seharga 15.000 per botol, Mbok Ijah langsung mencatat nama, alamat, dan no hp pembeli pada kertas atau bisa juga langsung di print dari situs marketplace nya (ini yang dinamakan label resi)

2. Mbok Ijah memberikan label resi dan uang seharga parfum yang dijual Bang Mamat (10.000 per botol).

3. Bang Mamat akan membungkus dan mengirimkan paket yang sudah ditempeli label resi dari Mbok Ijah tadi lalu mengirimkannya pada pihak kurir.

4. Mbok Ijah pulang ke rumah ngelanjutin nyuci baju tanpa harus repot bungkus dan kirim paket.

5. Mbok Ijah juga nggak khawatir soal biaya pengiriman (ongkir) karena ongkir itu ditanggung pembeli, bukan Mbok Ijah si dropshipper.

6. Ketika barang sudah diterima si pembeli, uang akan masuk senilai 15.000 bersih ke akun marketplace Mbok Ijah, jadi Mbok Ijah sudah untung 5.000 dari penjualan tadi.


3. DROPSHIPPER BENERAN TANPA MODAL?

Dari awal Mbok Ijah hanya bermodalkan hp buat upload foto-foto produk parfumnya Bang Mamat. Mbok Ijah  hanya keluar uang ketika ada pembeli yang beli parfum di toko online miliknya.

Jadi bisa disimpulkan, Mbok Ijah si dropshipper hanya keluar modal di awal yaitu KUOTA INTERNET.

Pengen jadi dropshipper seperti Mbok Ijah? Nih supplier yang bisa untuk dropship buat kamu :

Supplier 1

Supplier 2

Supplier 3

Selamat mencoba, salam cuan yaa :)

Posting Komentar untuk "Dropshipper Itu Artinya Apa Sih?"