Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Jadi Reseller? Berikut 6 Cara Menjadi Reseller Bagi Pemula

Memiliki usaha sendiri menjadi impian bagi sebagian besar orang saat ini. Untuk memulai suatu bisnis umumnya memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun modal yang besar tidak kamu butuhkan jika kamu menjadi reseller. Tapi bagaimakah cara menjadi reseller?

cara menjadi reseller

Ketika memutuskan menjadi reseller, kamu akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Produksi barang tidak perlu kamu lakukan, karena kamu akan membeli barang melalui Supplier.

Modal yang kamu keluarkan relative kecil bahkan kamu bisa menjalankan usaha tanpa modal sama sekali. Harga barang yang kamu dapat dari supplier juga bisa lebih murah dari harga pasar pada umumnya.

Namun jika kamu masih belum mengerti cara untuk menjadi reseller, tenang artikel ini akan membahas bagaimana cara menjadi reseller yang menguntungkan.

Apa itu reseller?

Sebelum membahas tentang cara menjadi reseller, kamu perlu mengetahui dulu apa itu reseller. Reseller adalah orang yang menjual produk dari supplier dengan memasang harga lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan.

Reseller tidak memproduksi barang, melainkan menyetok barang dari supplier untuk dijual pada konsumen. Jadi reseller menyetok barang dari supplier kemudian dijual pada konsumen, lalu konsumen melakukan transaksi pada reseller.

Reseller berbeda dengan dropshipper, karena reseller bisa menentukan margin penjualan dan untung lebih banyak daripada dropshipper.

Cara menjadi reseller Sukses

1.  Menentukan Produk

Sebagai reseller, kamu harus memilih produk yang ingin kamu jual dengan hati-hati. Sebab kamu akan dihadapkah dengan berbagai pilihan yang bermacam-macam mulai dari yang berkualitas baik hingga berkualitas buruk.

Memilih produk dengan telilit adalah kunci cara menjadi reseller sukses. Kamu juga perlu menentukan produk dengan peminat yang tinggi. Hal ini untuk agar penjualan produk kamu lancar dan tinggi.

Lakukan riset pada produk yang ingin kamu jual di internet untuk mengetahui peluang minat pada produk yang kamu jual.

2.  Tentukan Supplier

Menjadi reseller berarti kamu harus memiliki supplier. Oleh karena itu, pilihlah supplier yang terpercaya. Jangan sampai kamu salah memilih supplier dan justru merugi.

Untuk menentukan supplier terpercaya kamu bisa membuat daftar supplier potensial. Kemudian bandingkan berbagai aspek seperti harga, proses pengiriman, kualitas barang, jumlah minimal pembelian, dan benefit lainnya yang diberikan supplier bagi reseller.

Menentukan supplier adalah cara menjadi reseller yang paling penting. Sebab kualitas produk kamu ditentukan oleh supplier.

3.  Riset Kompetitor

Cara menjadi reseller yang ketiga adalah dengan riset kompetitor.

Dengan melakukan riset competitor kamu bisa mengetahui pasar seperti apa yang sedang kamu selami. Kamu bisa melihat apa saja yang ditunjukkan kompetitormu baik berupa kelemahan maupun kelebihan.

Kamu bisa meniru kelebihan yang dimiliki kompetitor dan memperbaiki kekurangan kompetitor. Dengan begitu, peluang terjualnya produk kamu menjadi lebih besar.

Riset kompetitor ini bisa kamu mulai dari bagaimana mereka berinteraksi dengan konsumen, cara iklan, bagaimana mereka menentukan harga dan lain sebagainya.

4.  Pasang harga bersaing

Menjadi reseller bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini bisa di dapatkan jika pembeli banyak yang tertarik. Untuk menarik pembeli maka pasanglah harga yang bisa bersaing dipasaran.

Sebagai reseller kamu harus mengetahui cara menghitung harga barang agar lebih bersaing. Kamu bisa menggunakan cara menghitung harga jual seperti margin pricing, bundling, markup pricing, MSRP, atau value based pricing.

Menghitung harga yang paling popular digunakan adalah markup pricing, metode ini menjadi sah satu cara menjadi reseller pemula yang paling pas.

Rumus penghitungannya adalah harga jual = Modal + (modal+persentase margin). Sangat mudah bukan?

5.  Gunakan Media untuk berjualan

Saat ini sudah sangat banyak tersedia e-commerce sebagai media untuk berjualan. Gunakan media yang paling mudah untuk kamu berjualan dan mengelolanya. Perhatikan pula fitur yang disediakan, mulai biaya admin, pajak penjualan, metode pembayaran dan lainnya.

e-commerce pasti akan sangat membantu penjualan kamu, namun jika kamu belum yakin untuk berjualan melalui e-commerce kamu bisa menggunakan media lain berupa wesite atau media sosial yang lain.

Menentukan media penjualan sangat berpengaruh bagi keberhasilan cara menjadi reseller bagi pemula yang sukses. Karena dari sanalah kamu akan mendapat konsumen.

6.  Buatlah foto produk semenarik mungkin

Cara menjadi reseller yang terakhir adalah memasang foto produk yang berkualitas dan menarik pembeli.

Agar menarik konsumen, kamu harus memasang foto produk yang eye cathing dan menarik. Sebab foto produk menjadi visual pertama yang mempengaruhi konsumen untuk yakin membeli produk kamu.

Jangan lupa untuk memberikan deskripsi produk sejelas mungkin agar konsumen kamu bisa menentukan pilihan berdasarkan deskripsi produk yang jelas.

Itulah ulasan cara menjadi reseller bagi pemula agar sukses menjalankan bisnis. Yang terpenting terus belajar dan tetap konsisten, karena konsisten adalah kunci utama untuk kesuksesan. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin menjalankan usaha sebagai reseller. 

Posting Komentar untuk "Tertarik Jadi Reseller? Berikut 6 Cara Menjadi Reseller Bagi Pemula"