Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Miliki 4 Teknik Ini Agar Kamu Bisa Menjadi Dropshipper Sukses

ASUPAN – Ketika kalian memilih menjadi dropshipper, kalian tidak hanya harus pintar dalam memasarkan produk. Kalian dituntut untuk wajib mengetahui teknik-teknik dalam berjualan online walaupun kalian tidak mempunyai produk sehingga bisa menjadi dropshipper sukses.

Nah apa saja teknik-teknik penting agar kalian bisa menjadi dropshipper sukses? Simak penjelasan berikut.

Teknik Agar Bisa Menjadi Dropshipper Yang Sukses

Agar Bisa Menjadi Dropshipper Sukses

Ada 4 teknik yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Teknik ini bisa kalian terapkan pada toko online kalian di semua marketplace. 4 teknik ini wajib kalian pelajari dan langsung take action pada masing-masing toko online kalian agar mimpi menjadi dropshipper sukses segera terwujud.

1.    TEKNIK BERIKLAN

Mungkin saat ini toko online kalian sudah laris karena sudah banyak pengunjung organik nya sehingga dirasa tidak perlu lagi untuk beriklan. Eitss, jangan senang dulu.

Jaman sekarang banyak sekali penjual baru yang masuk dalam marketplace. Ketika mereka sudah mempunyai ilmu jualan yang mantap, otomatis toko kalian bisa kalah saing, terlebih jika produk yang kalian jual sama. Sehingga toko kalian bisa langsung drop penjualannya.

Jika kalian hanya mengandalkan penjualan organik tanpa beriklan, penjualan kalian tidak akan bertahan lama dan akan kalah dengan mereka yang mau beriklan walaupun notabene masih toko baru.

Dengan beriklan, kalian bisa menargetkan beragam kata kunci sesuai dengan produk yang kalian jual. Contoh kalian jualan “Jas Hujan Anak” maka kalian bisa targetkan dengan kata kunci Jas Hujan Anak Cewek, Jas Hujan Anak Cowok, Jas Hujan Anak SD, Jas Hujan Anak Kecil, dll.

Teknik beriklan di marketplace

Saat kalian beriklan, kalian bisa menjangkau lebih banyak kata kunci yang kalian targetkan sehingga tidak hanya berpatok dari judul yang menghasilkan trafik organik saja.

Mulai sekarang kalian harus pahami teknik beriklan di semua marketplace yang kalian gunakan. Ketika trafik organik sudah bagus lalu ditambah dengan beriklan, otomatis omset kalian akan meningkat dan mimpi untuk menjadi dropshipper sukses bisa segera terwujud.

2.    TEKNIK RISET PRODUK

Teknik kedua yang harus kalian kuasai agar bisa menjadi dropshipper sukses adalah Teknik Riset Produk. kalian sebagai dropshipper harus benar-benar bisa riset produk, karena produk merupakan kunci toko online bisa laris.

Walaupun kalian sudah mati-matian untuk optimasi toko, sudah beriklan hingga habis puluhan juta, tetapi jika produk kalian kurang bagus maka sama saja hasilnya akan sia-sia. Kalian harus benar-benar riset produk yang bagus dan bisa diterima oleh pasar.

Kalian sebagai dropshipper, harus bisa melihat keadaan pasar atau keadaan yang sedang terjadi saat ini. Kalian dituntut harus lihai melihat peluang yang ada jika ingin menjadi dropshipper sukses.

Contoh yang terjadi saat ini adalah masalah BBM yang naik. Nah kalian harus bisa menganalisa produk apa yang cocok untuk dijual saat kondisi demikian.

Kalian bisa coba untuk menjadi dropshipper dari produk penghemat BBM. Kalian bisa cari supplier tangan pertama untuk menawarkan diri menjadi dropshipper di tokonya.

Atau kalian bisa juga menjadi dropshipper untuk berjualan produk sepeda listrik. Karena saat BBM naik harga, kebanyakan orang-orang beralih dari motor berbahan bakar bensin ke motor atau sepeda listrik.

Contoh lain yaitu saat ini sedang musim hujan. Otomatis banyak orang yang sedang mencari payung, jas hujan, cover motor, cover mobil, cover ransel, dan sebagainya. Kalian bisa langsung cari supplier yang menjual produk-produk tersebut dan menawarkan untuk dijual dengan sistem dropship.

teknik riset produk

Momen-momen seperti itu bisa kalian manfaatkan sebagai ladang cuan agar toko kalian ramai pembeli dan kalian bisa menjadi dropshipper sukses.

3.    TEKNIK TESTING PASAR

Teknik testing sangat dibutuhkan ketika kalian jualan online khususnya sebagai dropshipper. Ada beberapa teknik testing yang perlu kalian ketahui jika kalian ingin menjadi dropshipper sukses.

  • Testing Toko
  • Testing Produk
  • Testing Judul
  • Testing Promosi
  • Testing Harga

Kalian wajib melakukan teknik testing saat berjualan online karena disinyalir mampu mendongkrak penjualan toko online kalian, walaupun kalian hanya sebagai dropshipper bukan supplier. Jika  kalian rajin dalam melakukan teknik testing ini, penjualan kalian bisa-bisa melebihi penjualan supplier dan kalian layak disebut sebagai dropshipper sukses.

Misal kalian ingin berjualan jas hujan, maka kalian harus testing terlebih dahulu dengan upload produk yang sudah dioptimasi. Ketika ada penjualan maka testing kalian berhasil, ini yang dinamakan testing produk.

Tapi ketika banyak orang yang klik produk kalian namun tidak ada yang beli, maka kalian perlu melakukan yang namanya testing harga.

Parahnya lagi ketika tidak ada yang melihat dan klik, maka kalian wajib untuk testing judul produk. Kalian bisa ubah judul yang tadinya huruf besar di awal kata menjadi huruf kapital semua dengan kata kunci yang detail dan spesifik.

Jika masih belum berhasil, kalian bisa gunakan testing promosi dengan metode harga coret atau bisa berupa voucher diskon.

4.    TEKNIK EVALUASI

Teknik terakhir untuk menjadi dropshipper sukses adalah teknik evaluasi. Selain harus menguasai teknik testing, kalian sebagai dropshipper harus juga menguasai teknik evaluasi agar toko kalian bisa menimbulkan penjualan yang melejit.

Teknik evaluasi ini contohnya seperti membaca hasil dari beriklan dan membaca grafik analisa bisnis yang disediakan oleh masing-masing marketplace.

teknik evaluasi produk marketplace

Teknik ini bisa diterapkan ketika kalian sudah menerapakn teknik sebelumnya yaitu teknik testing. Jadi kalian wajib evaluasi setelah melakukan testing.

Evaluasi yang sering digunakan adalah evaluasi kata kunci dalam beriklan. Kalian bisa evaluasi kata kunci mana yang boncos dan mana yang menghasilkan penjualan.

Dengan terus melakukan evaluasi ini, kalian bisa membatasi keboncosan dalam beriklan dan menemukan winning kata kunci sehingga bisa mendongkrak penjualan.

Contoh lagi, kalian harus bisa evaluasi data dari analisa bisnis toko online kalian. Apa yang menyebakan toko online kalian ramai pembeli maupun sepi pembeli. Mungkin kalian baru saja menaikkan harga sehingga toko sepi dan pembeli pindah ke toko lain, maka kalian wajib mengembalikan harga di harga awal saat toko kalian ramai.

 

Itulah 4 teknik yang bisa kalian terapkan pada toko online kalian di semua marketplace. Intinya jangan terlalu santai ketika toko kalian sudah ramai. Kalian tetap harus mengasah skill lagi agar toko kalian bisa terus ramai dan tetap ramai. Namanya juga dropshipper pasti ada kelemahan dan kelebihannya.

Semoga impian untuk menjadi dropshipper sukses segera terwujud. Kalian harus buktikan bahwa jualan online juga bisa tanpa stok barang dan tanpa modal.

Posting Komentar untuk "Miliki 4 Teknik Ini Agar Kamu Bisa Menjadi Dropshipper Sukses"