Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisa Dicoba, Ide Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal

Peluang usaha online tanpa modal

ASUPAN – Jaman sekarang semua bisa dilakukan secara online. Dari mulai baca berita, berjualan, hingga pesan makanan pun dilakukan secara online. Dengan sistem yang sudah serba online ini, kalian harus bisa melihat peluang usaha bisnis online yang ada di depan mata.

Banyak sekali beragam pilihan ide peluang usaha bisnis online yang dapat kalian temukan. Hingga bisnis online tanpa modal pun dapat kalian lakukan di jaman seperti sekarang ini.

Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa ide peluang usaha bisnis online tanpa modal yang bisa kalian coba. Tinggal pilih mana yang sekiranya cocok buat kalian dan sesuai sama passion kalian.

Peluang Usaha Online Tanpa Modal Apa ya?

1. Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper merupakan salah satu ide peluang usaha bisnis online tanpa modal. Kok bisa tanpa modal? Yap, karena kalian hanya menjualkan produk orang lain atau supplier.

Selain tanpa modal, menjadi dropshipper juga diartikan berjualan online tanpa stok barang dan yang paling penting tidak perlu packing barang ketika ada pesanan.

Berbeda dengan reseller yang harus beli produk dari supplier dulu lalu mereka upload produk tadi ke toko onlinenya. Jika dropshipper, kalian hanya upload foto produk supplier ke toko online kalian dengan harga yang sudah dinaikkan terlebih dahulu.

Cara kerjanya hampir sama dengan sistem “makelar.” Bedanya, kita harus punya toko online dulu sehingga kita bisa upload produk si supplier ke toko online kita.

2. Ikut Program Affiliasi

Peluang usaha online tanpa modal yang kedua yaitu menjadi affiliasi. Sistemnya hampir sama seperti menjadi dropshipper. Bedanya kalau menjadi affiliasi, kalian tidak perlu buat toko online.

Tugas kalian hanya mempromosikan produk supplier baik secara offline maupun online. Nantinya calon pembeli akan kalian berikan link affiliasi yang mengarah ke toko online si supplier. Dari pembelian lewat link yang kalian berikan tadi, kalian akan memperoleh komisi penjualan.

Komisi yang diberikan tergantung kesepakatan supplier atau pemilik toko. Biasanya rata-rata komisi adalah 5% hingga 25% dari harga produk.

Banyak sekali situs-situs yang mengadakan program affiliasi, contohnya saja shopee. Kalian bisa coba daftar dan gabung menjadi affiliate shopee di situs https://affiliate.shopee.co.id/ dan kalian tinggal ikuti langkah-langkahnya.

peluang usaha online

Ketika sudah mendaftar, kalian akan disuguhkan berbagai jenis produk maupun toko penjual yang bekerjasama dengan program affiliasi ini. Kalian tinggal pilih produk mana yang cocok buat kalian promosikan lewat media social kalian.

3. Jualan Di Marketplace

Banyak yang menganggap bahwa jualan di marketplace itu membutuhkan modal. Padahal banyak sekali peluang bisnis online tanpa modal lewat media marketplace.

Contoh yang pertama untuk ide peluang usaha tanpa modal di marketplace adalah dengan menjadi dropshipper seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Sukses

peluang bisnis online

Yang kedua, kalian bisa jual jasa yang tidak perlu mengeluarkan modal dan tanpa stok barang seperti berikut:

Menjual Artikel

Kalau kalian jago bikin artikel, kalian bisa jualan artikel di Marketpace. Selain itu merupakan hobi kalian, nantinya kalian juga dapat penghasilan dari berjualan artikel tadi.

Jika nantinya ada pesanan, yang harus kalian kirim ke alamat pembeli  adalah nota pembelian saja. Nantinya  file artikel yang sudah jadi, bisa dikirim lewat media unduhan atau WA ke pembeli.

Jasa Desain Curriculum Vitae

Desain CV (Curriculum Vitae) juga masih banyak peminatnya loh. Masalahnya masih banyak para pencari kerja yang CVnya belum begitu menarik sehingga mereka mencari jasa desain CV.

Konsepnya sama seperti menjual artikel tadi, kalian hanya perlu mengirim nota pembelian saja agar status pesanan pada marketplace bisa berubah menjadi “dalam perjalanan” atau “sedang dikirim” dan file asli bisa dikirim ke pembeli melalui chat WA.

Jasa Desain Logo & Kartu Nama

Peluang usaha bisnis online yang ini cocok buat kalian yang pinter desain. Kalian bisa jual keahlian kalian di marketplace dengan konsep seperti diatas.

Jika desain kalian bagus dan pembeli merasa puas dengan apa yang kalian kerjakan, tidak menutup kemungkinan si pembeli akan repeat order.

Jasa Desain Rumah

Ide bisnis tanpa modal di marketplace selanjutnya adalah jasa desain rumah. Kalau kalian mahir dengan aplikasi seperti AutoCad, SketchUp, SmartDraw, Houzz, dll kalian wajib coba jual jasa kalian di marketplace.

Jasa Parafrase

Jika kalian belum tau apa itu paraphrase, paraphrase adalah penulisan kembali suatu kalimat dengan pernyataan yang berbeda namun tetap dalam satu arti.

Contoh kalimat Jainul menjual kaos lengan panjang di marketplace maka bisa diparafrasekan sebagai berikut Kaos lengan panjang dijual oleh Jainul di Pasar Online.

Jasa parafrase ini banyak dibutuhkan oleh para blogger atau pemilik website yang ingin buat artikel dengan menjiplak artikel yang sudah ada di internet tetapi malas untuk mengolah kata atau kalimat.

Menjual Software

Menjual software juga bisa menjadi opsi pilihan bagi kalian yang ingin bisnis online tanpa modal. Tetapi ingat software yang kalian jual harus benar-benar original dan bukan bajakan karena nanti bisa membuat toko online kalian diblokir oleh pihak marketplace.

4. Menjadi Blogger

Kalian mungkin bertanya-tanya, “Mengapa blog merupakan bagian dari bisnis online?”

Berikut penjelasannya. Jika kalian memiliki blog, kemungkinan besar kalian akan menulis konten atau artikel yang tidak hanya menarik tetapi juga bermanfaat. Pengunjung kemudian datang ke blog milik kalian untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka butuhkan.

ide usaha online

Semakin banyak pengunjung yang kalian dapatkan, semakin banyak yang pula yang kalian hasilkan. tentang apa? banyak sumber.

kalian dapat menghasilkan uang dengan iklan. Misalnya dengan berpartisipasi dalam platform Google Adsense. Selain itu, jika blog kalian sudah ramai pengunjung, akan terdapat tawaran untuk mempromosikan produk dari orang lain.

Tentunya, kalian bisa memulai bisnis online ini tanpa modal sepeser pun. Kalian hanya perlu mendaftar di penyedia situs seperti Blogspot atau Wordpress lalu kalian siap untuk menjadi blogger.

5. Membuat Konten

Jaman seperti sekarang ini banyak sekali bermunculan para Content Creator di social media. Dari mulai konten komedi hingga konten edukasi.

ide bisnis online

Kalian tidak boleh ketinggalan memanfaatkan momen ini. Kalian harus bisa melihat peluang usaha bisnis online tanpa modal dengan sistem membuat konten.

Nantinya konten kalian bisa kalian unggah di youtube, tiktok, instagram, pinterest dan masih banyak lagi. Dari situ kalian akan memperoleh penghasilan lewat iklan yang tayang hingga tawaran endorse.

Perlu diingat, membuat konten harus membutuhkan konsistensi yang tinggi, jangan hanya baru satu bulan upload konten lalu berhenti.

6. Menjadi Freelancer Online

Freelancer atau pekerja lepas juga tak kalah menarik untuk ide peluang usaha bisnis tanpa modal. Hal yang perlu kalian butuhkan hanya skill.

bisnis online tanpa modal

Situs seperti Freelancer, Sribulancer, UpWork, Projects.co.id merupakan situs-situs freelance yang mempertemukan antara pemilik project dengan pencari project (freelancer).

Di situs tersebut kalian tinggal pilih project mana yang sesuai dengan skill kalian lalu kalian tinggal melakukan pengajuan harga. Bahkan situs freelance luar negeri berani membayar kalian per jam bukan per hari untuk menyelesaikan projectnya.

Ada yang sudah membuktikan dengan gabung situs freelance ini dan mereka dibayar per jamnya hingga 200 ribu rupiah loh. Wow banget kan?

7. Jualan Karya

Kalian juga bisa coba ide bisnis online tanpa modal dengan jualan hasil karya kalian seperti fotografi, siluet, karikatur, ringtone, video opening  dll di situs penyedia karya.

ide peluang bisnis online

Contohnya saja situs Shutterstock. Disini kalian bisa gabung menjadi submitter atau penjual karya yang bisa kalian pasangi harga. Nantinya setelah kalian upload karya kalian, pihak penyedia akan meninjau karya kalian dan jika disetujui akan langsung terpampang di situs penyedia ini.

Tapi perlu diingat, karya yang kalian upload haruslah merupakan karya kalian sendiri dan bukan hasil comot dari internet.

8. Menjadi Podcaster

Konsep membuat podcast sama dengan membuat konten, hanya saja jika podcast lebih ke audio. Ide peluang usaha online dengan membuat podcast ini cocok bagi kalian yang introvert.

Bahasan untuk podcast kalian bisa bermacam-macam, mulai dari bahasan generasi millennial atau seputar bisnis. Tergantung apa yang kalian ketahui dan pahami.

Untuk menjadi podcaster, kalian bisa mendaftar di platform seperti Soundcloud, Spotify, Anchor. Ketika podcast kalian sudah berkembang dan memiliki banyak pendengar, kalian bisa mulai melakukan monetize untuk mendapatkan penghasilan dari podcast yang kalian buat.

ide bisnis online

Itulah Tadi Peluang Usaha Online Tanpa Modal Yang Bisa Kalian Pilih

Sekali lagi kalian harus sesuaikan bisnis atau usaha yang kalian pilih sesuai dengan minat dan passion kalian. Yang penting jangan pernahmenyerah dan terus berusaha.

Selamat mencoba, sukses untuk kalian!

Posting Komentar untuk "Bisa Dicoba, Ide Peluang Usaha Bisnis Online Tanpa Modal"