Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Pernah Menyerah, Ingat 7 Hal Ini !!

ASUPAN – Badai selalu datang silih berganti, belum sempat kita bangkit dari kegagalan, kita harus dihadapkan pada badai berikutnya. Masalah tidak ada habis-habisnya. Mungkin sekarang kamu sudah di ambang mau menyerah, mau menanggalkan semua impian yang kamu ingin capai. Sebelum menyerah, kamu harus ingat 7 hal ini :

Jangan Pernah Menyerah

1. AKAN ADA ORANG YANG DAPAT MELAKUKANNYA

Pasti bukan cuma kamu yang ingin sukses di bidang pekerjaanmu. Ada banyak orang yang sedang berjuang seperti apa yang kamu lakukan sekarang. Semua orang berperang dalam perangnya masing-masing dan pasti ada masalahnya masing-masing. Saat kamu memutuskan untuk menyerah, percayalah pasti akan ada orang-orang yang bisa menyelesaikan pekerjaanmu dan dia akan dikenang sebagai seorang pemenang, sedangkan kamu tidak akan pernah dianggap.

2. SELAMA BERJUANG, WAKTU-WAKTU SULIT ITU BUKAN HANYA ADA SEKARANG

Kenapa sekaran terasa berat? Karena kamu belum terbiasa dengan masalah. Kamu belum belajar dari masalah ke masalah, tapi percaya saja saat kamu tidak menyerah menghadapi masalah yang ada sekarang dan kamu berhasil melewatinya, Insya Allah kamu akan jauh lebih kuat, lebih dewasa dan lebih berpengalaman. Sehingga ketika masalah itu datang lagi, kamu sudah terbiasa mengatasinya dan pada akhirnya masalah itu bukan lagi masalah bagimu.

Siapapun yang mau berjuang, dia akan dihadapkan suatu masalah ke masalah. Berdoalah pada Tuhan, bukan agar kita tidak terkena masalah, tapi berdoalah untuk selalu menguatkan pudak kita saat kita terkena masalah.

3. SEMUANYA AKAN MUNGKIN SELAMA KITA MASIH BERNAFAS

Manusia diciptakan di muka bumi sebagai pemimpin. Masing-masing punya kekurangan dan masing-masing punya kelebihan. Tanamkan pada pikiranmu, bila ada satu orang di muka bumi ini yang bisa, Insya Allah kamu juga pasti bisa. Orang sukses bukan orang yang tidak pernah jatuh, tapi mereka bangkit lagi setelah mereka terjatuh.

Hidup ini cuma satu kali, selama kita masih bernafas, kita harus terus berjuang. Yakini apa yang kita perjuangkan, dan perjuangkan apa yang kita yakini. Sultan Syahrir berkata :

“Bila kita tidak berjuang terus apa yang mau kita menangkan”

4. LEBIH BAIK MATI KARENA MENCOBA DARIPADA MATI TIDAK MELAKUKAN APA-APA

Jangan pernah takut gagal tapi takutlah jika kamu tidak pernah mencoba sama sekali. Kalau kamu tidak pernah mencoba, kamu tidak akan tau seberapa hebatnya dirimu. Lihatlah di luar sana banyak sekali orang-orang yang bertarung untuk hidupnya.

Orang-orang yang berhasil adalah orang-orang yang berani untuk mencoba dan saat mereka mencoba pasti tidak akan serta merta langsung berhasil. Karena kegagalan demi kegagalan adalah langkah yang harus kamu terima kalau kamu mau sukses. Gagal? Coba lagi. Gagal lagi? Coba lagi. Sampai kapan? Sampai alam semesta ini bosan memberikan kegagalan untuk kita.

5. KESALAHANMU SEKARANG TIDAK AKAN MEMBUAT MASA DEPANMU HILANG

Kita ini hanya manusia biasa yang memang tempatnya salah. Dari kesalahan kita belajar untuk menjadi orang yang lebih kuat daripada sebelumnya. Bersyukurlah kalau kita salah, sebab orang yang tidak pernah salah artinya dia tidak akan pernah berjuang dan kamu pasti jauh lebih baik daripada meraka.

6. SUKSES ITU LEBIH DEKAT DARIPADA APA YANG KAMU KIRA

Saat kamu mencoba dan gagal, lalu kamu bangkit lagi dan mencoba lagi tapi gagal lagi, tenanglah sukses itu sudah ada di depan mata. Kamu tidak bisa melihatnya, karena matamu masih sembab karena tangisan. Kamu tidak melihatnya karena matamu masih tertutup debu perjuangan.

Percayalah sukses itu sudah menunggumu di ujung sana. Jangan mau kalah dengan masalah, jangan mau kalah dengan keadaan. Hak kita untuk sukses, hak kita untuk bahagia. Karena sukses dan bahagia adalah hak semua orang yang mau memperjuangkannya.

7. KAMU BELUM MEMBERIKAN PERJUANGAN TERBAIKMU

Kamu jangan dulu mengambil keputusan untuk menyerah, karena mungkin kamu belum memberikan karya terbaik. Mungkin, kamu belum memberikan perjuangan terbaikmu. Saat kamu jatuh, coba lagi. Berikan yang terbaik, jatuh lagi, coba lagi. Berikan semua yang kamu mampu karena sukses bukan hanya bicara tentang kerja keras tapi sukses bicara tentang semua aspek kehidupan. Tanyakan pada dirimu, apakah perjuanganmu sudah maksimal?

 

Yang membedakan antara pecundang dan pemenang adalah keberanian untuk mencoba. Jadikan kehidupan ini sebagai perjalanan dengan banyak pengalaman bukan hanya tentang menyelesaikan masalah demi masalah.

“Kalau hidup hanya sekedar hidup, babi hutan pun hidup. Kalau kerja hanya sekedar bekerja, kera di hutan pun bekerja”

-Buya Hamka-

Posting Komentar untuk "Jangan Pernah Menyerah, Ingat 7 Hal Ini !!"