Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Bisnis Online Yang Menjanjikan Di Jaman Sekarang

 

Jenis bisnis online

ASUPAN – Usaha online atau bisnis online saat ini merupakan salah satu bisnis yang banyak digandrungi. Karena di jaman sekarang semuanya serba online dari makanan hingga kendaraan umum.

Bisnis online banyak diminati karena tidak perlu untuk keluar rumah dari sisi konsumen atau pembeli. Sedangkan dari sisi pemilik bisnis, bisnis online sangat menguntungkan dan lebih luas menjangkau pasar.

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, kamu harus tau dulu jenis-jenis bisnis online itu sendiri. Lalu apa saja jenis-jenis bisnis online? Simak penjelasan berikut!

Jenis Bisnis Atau Usaha Online

Jenis-jenis bisnis online sangat beragam, mulai dari menjual produk atau jasa di website sendiri atau melalui platform maupun marketplace.

Kenapa masyarakat lebih suka belanja online daripada offline? Yap, karena mereka cukup mencari barang yang mereka ingin dari gadget lalu melakukan pembayaran tanpa perlu keluar rumah dan mengambil uang cash.

Saat ini juga banyak tersedia sistem pembayaran online yang beragam selain melalui ATM. Jadi pembeli atau konsumen bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan yang mereka gunakan.

Berikut jenis-jenis bisnis online yang wajib kamu tau.

1. Bisnis Online Menurut Tempat

Jenis-jenis bisnis online menurut tempat menjalankan bisnisnya dibagi menjadi 3 yaitu website pribadi, marketplace dan platform.

bisnis online
Source: Freepik

BISNIS ONLINE PADA WEBSITE PRIBADI

Kamu bisa menjalankan bisnis online lewat website pribadi milikmu. Jika belum punya website, kamu bisa mencari jasa pembuatan website untuk menampilkan produk yang ingin kamu pasarkan.

Selain berbayar, ada juga pembuatan blog yang bisa kamu gunakan secara gratis yaitu Blogger dan Wordpress. Kamu hanya mendaftar dan mulai memposting artikel yang berhubungan dengan produk yang kamu jual.

BISNIS ONLINE PADA MARKETPLACE

Marketplace juga bisa menjadi pilihan tempat untuk berbisnis online. Disinilah tempat bertemunya antara pembeli dan penjual.

Semua bisa dijual di marketplace baik produk maupun jasa. Sistem pembayaran juga banyak disediakan disini, jadi pembeli bisa memilih ingin membayar dengan metode yang mana.

Kamu tinggal membuat toko di marketplace lalu mulai berjualan. Nantinya jika ada pembeli, kamu akan dikenakan biaya admin. Tiap marketplace beda-beda untuk besaran biaya adminnya.

BISNIS ONLINE PADA MEDSOS

Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk memulai bisnis online. Daripada hanya membuat status dan posting foto, lebih baik kamu gunakan untuk berbisnis online.

Media sosial seperti facebook, twitter atau instagram bisa kalian manfaatkan untuk berjualan secara online asalkan kalian rajin posting dan mencari pengikut yang banyak.

2. Bisnis Online Menurut Kebutuhan

bisnis online menjanjikan
Source: Freepik

BISNIS JASA

Selain produk, kamu bisa menjual jasa untuk berbisnis online. Jenis bisnis online ini kebanyakan menjual skill. Seperti desain grafis, penulis, desain CV, jasa pembuat website, dll.

Kamu bisa menjual jasa di website maupun marketplace atau media sosial. Banyak juga situs-situs atau website yang menyediakan tempat untuk menjual jasa.

BISNIS FASHION

Bisnis fashion dikenal sebagai bisnis yang tak lekang oleh waktu karena selalu dibutuhkan. Namun untuk jenis bisnis ini mempunyai persaingan yang sangat ketat.

Seiring perkembangan jaman dan model fashion yang beragam, jenis bisnis online ini selalu muncul pesaing baru.

Namun jika brand kamu kuat dan kualitas juga bagus, maka tidak menutup kemungkinan bisnis fashion mu bisa berkembang cepat.

BISNIS KULINER

Bisnis kuliner saat ini juga banyak yang diakses melalui online atau internet. Mulai dari cemilan hingga makanan berat bisa dijual secara online.

Kamu tinggal menentukan jenis kuliner apa yang ingin kamu jual lalu mulai dipasarkan di marketplace maupun sosial media. Jika ada pembeli, kamu tinggal memakai jasa kurir online untuk mengantar makanan.

3. Bisnis Online Berdasarkan Sistem

bisnis online dan jenisnya
Source: Freepik

SISTEM DISTRIBUTOR

Distributor mendapatkan barang dari pihak tangan pertama atau supplier. Nantinya distributor ini membeli barang dalam jumlah banyak (grosir) lalu menjual secara eceran ke pembeli maupun reseller.

Distributor bisa memperoleh produk dengan harga murah karena membeli dalam jumlah yang banyak. Nantinya mereka mendapat keuntungan dari pembelian eceran yang dijual ke reseller atau pembeli langsung dengan selisih harga.

SISTEM RESELLER

Jenis bisnis online dengan sistem reseller juga cukup menjanjikan dikarenakan tidak harus mengeluarkan modal yang banyak untuk memulai. Beda dengan distributor yang harus membeli produk dalam jumlah banyak, reseller bisa membeli barang dengan jumlah minimal satu pcs.

Para reseller bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang sudah dinaikkan ketika akan dijual ke pembeli.

SISTEM DROPSHIP

Menjadi dropshipper juga merupakan jenis bisnis online yang menjanjikan dan bisa dibilang cocok untuk generasi milenial yang belum mempunyai modal, karena sistem kerjanya memang tanpa modal sama sekali.

Para dropshipper hanya perlu membuat toko online di website atau marketplace, lalu menjual produk dari produsen dengan ijin terlebih dahulu.

Ketika ada pembelian, para dropshipper hanya meneruskan pesanan ke produsen untuk diposes. Intinya bisnis dengan sistem dropship tidak memerlukan packing dan kirim barang, karena semua di tangani produsen.

4. Bisnis Online Berdasarkan Skill

bisnis online tanpa modal
Source: Freepik

BISNIS KONTEN VIDEO

Pastinya kamu sudah mengenal aplikasi seperti TikTok, Youtube, Instagram, dll. Dari platform tersebut, kamu bisa menjalankan bisnis online yang menjanjikan.

Kamu tinggal membuat konten video sekreatif mungkin, ketika follower bertambah dan videomu banyak yang menyukai maka kamu bisa mengajukan monetisasi untuk bisa mendapatkan penghasilan tiap bulan.

BISNIS KONTEN GAMBAR

Jenis bisnis konten gambar juga bisa kamu lakukan dari sosial media seperti Instagram dan Pinterest. Ketika followers kamu banyak, kamu bisa mendapat tawaran endorse atau gift coin yang bisa ditukar dengan uang.

Selain sosial media, kamu juga bisa membuat konten gambar untuk diupload di situs penyedia stock foto atau gambar seperti Shutterstock, agar karya kamu bisa di beli jika ada orang lain yang ingin mengunduh.

BISNIS KONTEN SUARA

Tidak hanya konten video di youtube, konten suara pun bisa juga di monetisasi untuk mendapatkan penghasilan.

Kamu bisa membuat konten suara di platform seperti Spotify. Jika konten suaramu menarik dan banyak peminatnya, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan.

BISNIS KONTEN ARTIKEL

Yang terkahir jenis bisnis online berdasarkan skill adalah membuat konten artikel. Kamu bisa membuat website berbayar lalu mengisi dengan artikel yang menarik.

Ada juga penyedia domain gratisan seperti Blogspot atau Wordpress. Konsepnya sama, kamu tinggal posting artikel yang menarik. Nantinya web kamu bisa dimonetisasi, jika memiliki banyak pengungjung.

Jadi kamu lebih menyukai jenis bisnis online yang mana? Yuk mulai berbisnis online, jika kamu bingung bisa gabung dengan bisnis online dengan sistem dropship disini.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Bisnis Online Yang Menjanjikan Di Jaman Sekarang"