Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendapatkan Pasif Income Sangat Mudah Sekali Dengan 9 Ide Ini!

pasif income

ASUPAN – Saat mulai tumbuh dewasa, kamu mungkin berpikiran untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan pasif income.

Ketika sudah ada pasif income, maka kamu tidak melulu bergantung pada penghasilan utama kamu seperti bekerja. Kamu masih memiliki penghasilan lain yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasif income sangat penting dimulai saat usia masih muda agar ketika bertambah umur, kamu tidak lagi bekerja untuk orang lain. Pasif income juga berguna ketika kamu sudah tidak nyaman dengan tempat kerjamu dan memutuskan untuk resign atau ketika kamu diberhentikan sepihak oleh perusahaan tempat kamu bekerja.

Jaman sekarang, ada banyak sekali cara mendapatkan pasif income yang bisa kamu coba. Pada artikel kali ini akan membahas apa itu pasif income dan ide apa saja untuk mendapatkan pasif income itu sendiri.

Pengertian Pasif Income

Pasif income atau passive income adalah suatu penghasilan tambahan dimana ketika sudah berjalan akan menghasilkan pendapatan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Berbeda dengan aktif income yang harus membutuhkan waktu dan tenaga secara langsung, seperti kerja di suatu perusahaan. Pasif income bisa dikerjakan darimana saja.

Tetapi untuk memulai membangun pasif income, kamu perlu meluangkan waktu dan tenaga terlebih dahulu di awal. Bukan berarti tidak perlu tenaga dan waktu sama sekali.

Contoh ketika kamu jadi youtuber, pertama kamu harus bangun channel youtube terlebih dahulu dan membuat banyak konten. Ketika konten sudah mulai diupload satu per satu secara konsisten, barulah youtube kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan bertambahnya jam tayang. Penghasilan itulah yang dinamakan pasif income.

Oleh karena itu jika kamu ingin mendapatkan pasif income, diperlukan tekad dan konsitensi yang tinggi. Jika hanya dalam waktu satu bulan kamu sudah menyerah saat membangun pasif income, maka hasilnya akan sia-sia.

Membangun pasif income juga diperlukan kesabaran extra karena semua butuh proses. Tidak bisa serta merta ketika kita sudah mambangun pasif income bulan ini, bulan depan langsung mendapatkan penghasilan.

9 Cara Mendapatkan Pasif Income Yang Harus Kalian Coba

1. Ikut Progam Affiliate

Program affiliate atau afiliasi adalah program yang popular saat ini. Selain caranya mudah, kamu juga hanya bermodalkan sosial media.

Bagi yang belum tau, program afiliasi yaitu suatu program pemasaran dimana kamu akan mendapatkan komisi ketika ada orang yang beli produk yang telah kamu pasarkan melalui link.

Kamu hanya perlu mempromosikan suatu produk atau jasa lewat akun sosial media kamu, ketika ada orang yang tertarik maka kamu tinggal memberikan link yang tertaut ke produk atau jasa tersebut.

Banyak bisnis yang bekerja sama dengan program ini agar mendapatkan penjualan tinggi. Tugas kamu hanyalah mempromosikan produk mereka.

Salah satu contoh program afiliasi yang bisa kamu coba adalah Program Afiliasi Shopee. Disitu kamu tinggal mendaftar lalu pilih produk mana yang ingin kamu promosikan, mudah bukan?

2. Menjadi Creator Youtube

Jaman sekarang semua orang sudah bisa bikin channel youtube. Youtube bisa dapat uang? Bisa dong. Banyak orang yang sudah mulai menjadi creator di youtube karena sudah merasakan penghasilannya.

Daripada kamu hanya menonton youtube, lebih baik kamu menjadi creator di youtube. Kamu perlu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang agar channel youtube mu bisa di monetisasi.

Memang untuk mendapatkan 1000 subscriber terlihat sulit, tetapi jika kamu konsisten dan kontenmu menarik, orang-orang akan menyukai channel youtube mu.

Ketika target subscribe dan jam tayag terpenuhi, kamu tinggal buat akun adsense agar youtube mu bisa memperoleh penghasilan. Penghasilan ini didapat dari iklan yang tayang ketika penonton menonton kontenmu.

3. Menjadi Penulis Blog

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan atau pasif income dari menulis blog loh.

Blog kamu nantinya akan dipasang iklan oleh Google. Tetapi kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu ke Google Adsense.

Sebelum mendaftarkan pada Google Adsense, kamu harus buat blog terlebih dahulu lalu mengisinya dengan artikel yang berkualitas dan banyak dicari orang.

Untuk menjadi penulis blog agar mendapatkan pasif income, lakukan cara-cara ini:

  • Pilih nama blog yang ingin dibuat
  • Beli domain atau gunakan domain gratisan
  • Pilih template yang SEO
  • Buat halaman About, Contact, Privacy dan Disclaimer
  • Riset kata kunci untuk judul artikel
  • Mulai menulis artikel
  • Daftarkan adsense ketika sudah 2 bulan
  • Konsisten menulis artikel dan jangan mengeluh

4. Menjadi Guru Les

Ketika sepulang dari kerja lalu masih ada waktu di sore hari, coba buka jasa les. Kamu bisa menjadi guru les untuk mendapatkan pasif income.

Kamu bisa coba untuk mengajar anak SD karena pelajarannya lebih mudah. Untuk menjadi guru les, kamu memang harus sabar menghadapi tingkah laku murid, terutama anak SD.

Jasa les yang kam buka bisa dimulai dari jam 6 sore hingga 8 malam. Jadi tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Kamu bisa pasang harga bulanan sesuai dengan seleramu.

Ketika murid yang kamu ajar mendapatkan nilai dan ranking yang bagus, maka kemungkinan besar muridmu akan bertambah.

5. Berinvestasi Saham

Kamu harus berani untuk memulai berinvestasi saham selagi masih muda. Karena jika kamu menyimpan uangmu tanpa kamu investasikan, maka uangmu akan tergerus inflasi.

Kamu bisa berinvestasi saham mulai dari 100ribu. Kamu hanya tinggal daftar di perusahaan sekuritas, lalu mulai membeli saham perusahaan yang bagus.

Ketika saham yang kamu beli naik, maka dari situ kamu akan memperoleh pasif income jika kamu menjualnya. Kamu juga bisa mendapatkan pasif income dari dividen yang dibagikan oleh perusahaan ke para pemegang saham.

6. Memulai Bisnis Dropship

Dropship merupakan ide mendapatkan pasif income yang bisa kamu coba. Selain tanpa stok barang, bisnis dropship juga merupakan salah satu ide bisnis tanpa modal.

Cara kerja dropship sangat sederhana, kamu hanya perlu mencari supplier lalu kamu tinggal menjual produknya di marketplace. Keuntungan dari dropship bisa diperoleh dari harga yang sudah dinaikkan oleh si dropshipper itu sendiri.

Kalau kamu ingin menjalani bisnis dropship, kamu bisa join sebagai dropship disini.

7. Menjadi Reseller

Selain dropship, untuk mendapatkan pasif income juga bisa melalui bisnis reseller. Bedanya kamu kalau reseller, kamu harus menyipkan modal terlebih dahulu untuk membeli produk lalu menjualnya kembali.

Kamu tinggal mencari produk-produk yang banyak dicari orang saat ini. Lalu dijual kembali di marketplace atau website kamu.

Jika menjadi reseller, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah karena kamu perlu membeli secara grosir. Lalu kamu tinggal menjualnya kembali dengan harga sesuai yang kamu inginkan.

8. Menjadi Online Freelancer

Saat ini banyak sekali situs-situs yang mempertemukan antara freelancer dan pemberi project. Diantaranya ada situs UpWork, project.co.id, sribulancer, dll.

Di situs tersebut kamu bisa mencari pekerjaan yang sesuai kemampuan kamu. Kamu hanya tinggal daftar lalu mencari pekerjaan yang diinginkan.

Bahkan banyak juga para pemberi project yang berani membayar $20 per jam untuk menyelesaikan suatu project yang ada.

Banyak para freelancer yang menjadikan situs-situs tersebut sebagai penghasilan utama bukan pasif income.

9. Menjual Foto Online

Ide terakhir untuk mendapatkan pasif income yaitu dengan menjual stock foto pada platform online seperti Shutterstock, iStock atau Creative Fabrica.

Daripada kamu memposting foto-foto makanan di sosial media kamu sebagai ajang pamer, mending kamu posting di situs stock foto online agar bisa mendapatkan pasif income.

Foto-foto yang kamu unggah nantinya bisa kamu berikan harga, sehingga ketika ada orang yang tertatik dengan hasil fotomu, orang itu akan membayar sesuai harga yang sudah kamu cantumkan.

Sama seperti jualan online di marketplace, bedanya disini kamu jualan stock foto dari hasil karyamu sendiri. Selain foto, kamu juga bisa menjual video footage, music, dan yang lainnya.

Jadi, Ide Pasif Income Mana Yang Mau Kamu Coba?

Pasif income atau penghasilan tambahan memang sangat penting sebagai dana kedua dalam kehidupan kita. Cara-cara diatas adalah beberapa contoh ide pasif income yang perlu kamu coba. Dari mulai yang tanpa modal sampai dengan pakai modal.

Jadi manakah ide pasif income yang cocok untukmu? Pastikan sudah sesuai dengan minat dan bakatmu yaa.

Semoga artikel ini bisa membantumu untuk mendapatkan pasif income, selamat mencoba yaa!

Posting Komentar untuk "Mendapatkan Pasif Income Sangat Mudah Sekali Dengan 9 Ide Ini!"