Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Shopee

Cara meningkatkan omset penjualan online

Memulai bisnis online memang tidak selalu sesuai dengan ekspetasi. Terkadang kita melihat orang lain punya toko online di Shopee dengan omset fantastis. Tetapi ketika kita menirunya dengan berjualan produk dan harga yang sama, malah penjualan sepi.

Produk dan harga boleh sama, tapi cara dan strategi yang diterapkan agar omset penjualan meningkat pasti beda.

Nah pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara meningkatkan omset penjualan di Shopee agar kalian semakin semangat untuk berjualan online.

Cara Menaikan Omset Penjualan di Shopee

Ada banyak marketplace di Indonesia yang bisa dijadikan ladang untuk berjualan online. Nah disini akan dibahas cara menaikan omset penjualan di salah satu marketplace yang terkenal yaitu Shopee.

Tidak hanya tempat untuk berbelanja, di Shopee kalian juga bisa mendapatkan penghasilan dari berjualan online. Dari yang stok produk sendiri maupun berjualan online tanpa stok produk sama sekali.

Sudah banyak penjual baru yang berbondong-bondong membuat toko online di Shopee untuk mendapatkan penghasilan. Tak tanggung-tanggung omset mereka sebulan bisa puluhan hingga ratusan juta.

Mereka menerapkan berbagai cara untuk bisa menaikan omset penjualan dari mulai ikut program yang diadakan shopee hingga beriklan.

Berikut 9 cara meningkatkan omset penjualan di Marketplace Shopee agar jualan online makin laris:

1. Perbaiki Foto Utama Produk

Calon pembeli akan mengklik foto kalian jika foto utama yang kalian pasang itu menarik. Kalian tidak boleh asal dalam mengupload foto utama produk. Usahakan pilih foto dengan kualitas yang baik untuk dijadikan foto utama.

agar omset penjualan meningkat
Source: Freepik

Kalian bisa gunakan tools edit foto seperti Canva atau lainnya untuk mengedit foto lebih menarik.

Kalau kalian jago foto, kalian juga bisa foto sendiri produk kalian untuk dijadikan foto utama agar lebih menarik minat pembeli.

Foto adalah hal pertama yang wajib kalian benahi, karena dari foto lah pembeli akan klik produk kita. Nah dari klik itu pembeli akan melihat harga. Jika harga cocok, maka order pun akan terjadi.

Dari sinilah peningkatan omset penjualan akan terjadi. Dari foto turun ke checkout order, hehee.

2. Ubah Judul Produk Dengan SEO

cara meningkatkan dan menaikan omset
Source: Freepik

Cara kedua adalah dengan merubah judul produk yang banyak dicari orang atau sesuai dengan SEO (Search Engine Optimation).

Contoh kalian jualan sepatu pria, maka jangan hanya memberi judul produk “Sepatu Pria Murah.”

Buatlah judul awalan dengan nama toko lalu diikuti nama produk, varian dan fungsi produk. Contoh “Allparts Sepatu Pria Formal Hitam Bahan Kulit Untuk Kerja.”

Hindari penggunaan kata berulang seperti “Sepatu Bayi Anak Laki-laki All Size” atau “Sepatu Anak/Sepatu Anak Kecil/Sepatu Anak Balita.”

Jika ada pengulangan kata seperti laki-laki atau anak-anak maka cukup ditulis sekali saja menjadi laki atau anak. Dan ketika sudah menulis kata sepatu maka tidak perlu ditulis lagi untuk kata sepatu. Usahakan hanya sekali penulisan saja.

Cara untuk meningkatkan omset penjualan dari segi judul berikutnya adalah hindari penulisan judul menggunakan tanda baca seperti -/?!.

Cukup maksimalkan penggunaan kata saja. Shopee memberikan panjang judul hingga 200an karakter.

Kalian bisa gunakan tools seperti google trend atau keyword planner untuk mengetahui kata yang banyak dicari oleh orang-orang.

3. Buat Voucher Ikuti Toko

Selain berguna untuk meningkatkan omset penjualan di Shopee, voucher ikuti toko juga berguna untuk menambah jumlah follower di shopee.

Nantinya jika ada calon pembeli yang mengunjungi tokomu tetapi belum follow tokomu, maka voucher ini akan muncul otomatis ketika sudah kalian buat.

Kalian bisa buat voucher ini di seller center shopee pada pilihan Promosi Toko>Voucher Ikuti Toko.

meningkatkan omset penjualan

Untuk potongan diskonnya itu terserah kalian. Bisa menggunakan potongan berupa nominal harga maupun persentase.

Nantinya follower baru toko kalian bisa menggunakan voucher ini untuk berbelanja khusus di toko kalian.

Cara ini sangat ampuh untuk menggaet pembeli baru karena para pembeli merasa dihargai dengan diberikan welcome voucher hanya dengan follow toko kalian.

4. Perbanyak Voucher Toko Saya

Jika voucher ikuti toko adalah untuk pembeli baru, maka voucher toko saya adalah voucher untuk pembeli yang pernah beli di toko kalian.

Untuk membuatnya kalian bisa masuk ke Shopee Seller Center lalu pilih Promosi Saya>Voucher Toko Saya.

menaikan omset penjualan

Cara untuk menaikan omset penjualan yang satu ini tergolong ampuh karena pembeli merasa senang mendapatkan voucher diskon toko.

Kalian bisa membuat voucher ini 3-5 voucher di toko kalian dengan potongan harga dan minimal pembelian yang bervariasi.

Atau kalian juga bisa menambahkan voucher ini tanpa syarat minimal pembelian. Yang terpenting target profit per produk kalian tetap terpenuhi dan tidak rugi.

5. Buat Flash Sale Toko Saya

Selain flash sale yang diadakan Shopee, kalian juga bisa membuat flash sale untuk toko kalian sendiri.

Cara ini juga sangat ampuh untuk menarik daya beli konsumen. Selain bisa menaikan omset penjualan, cara ini juga bisa untuk menaikan jumlah follower toko.

Kalian bisa pilih beberapa produk untuk ditampilkan pada flash sale toko kalian sendiri dan memberinya harga diskon. Kalian juga bisa menetapkan jadwal tanggal dan jam tayang kapan flash sale toko ini berjalan.

Untuk menggunakan fitur flash sale toko saya, kalian bisa masuk ke seller center shopee lalu pilih menu Promosi Saya>Flash Sale Toko Saya.

cara meningkatkan omset penjualan

6. Ikuti Program Promo Event Shopee

Cara keenam yaitu dengan mengikuti promo-promo yang diadakan oleh Shopee itu sendiri. Banyak sekali program-program shopee yang bisa toko kalian ikuti.

Mulai dari program Birthday Sale, Serba Seribu, Flash Sale, Murah Lebay, dll. Kalian bisa menominasikan produk kalian pada beragam event tersebut.

Khusus untuk program flash sale shopee, kalian tidak bisa asal ikut. Harus ada undangan dari pihak shopee itu sendiri agar produk kalian bisa dinominasikan.

7. Manfaatkan Fitur Naikkan Produk

Bagi kalian yang belum tau apa itu fitur naikkan produk maka kalian wajib terus baca artikel ini agar omset penjualan kalian bisa meningkat.

Fitur naikkan produk adalah salah satu fitur gratis yang disediakan oleh Shopee agar para penjual bisa menaikkan produknya tiap 4 jam sekali untuk berada di halaman awal Shopee.

Fitur ini bisa kalian gunakan setiap 4 jam sekali dengan menaikkan produk maksimal 5 produk.

Kalian hanya masuk ke menu Produk Saya lalu klik titik tiga di bawah produk, maka kalian akan menemukan fitur naikkan produk yang tinggal kalian klik saja.

Fitur ini asangat berguna ketika kalian belum ada modal untuk beriklan secara berbayar. Tapi perlu diingat, yang menggunakan fitur ini juga banyak sekali karena gratis hehee.

8. Aktifkan Iklan

Memang cara satu ini diharuskan top up saldo iklan alias berbayar. Tapi tenang saja, di Shopee kalian bisa top up saldo iklan mulai dari 25rb saja.

Kalian tinggal pilih produk-produk mana saja yang ingin di iklankan lalu mulai jalankan iklan.

Tiap produk yang kalian iklankan, kalian bisa pilih 5-10 kata kunci. Untuk biaya perklik tiap kata kunci, bisa kalian setting di harga terendah yaitu 200 rupiah/klik.

Banyak para penjual yang bisa meningkatkan omset penjualan dengan memakai fitur iklan berbayar ini, bahkan hingga dua kali lipat.

Untuk awal-awal kalian bisa mengiklankan 3-5 produk terlebih dahulu dengan masing-masing 10 kata kunci untuk setiap produk yang diiklankan.

9. Buat Broadcast Chat

Cara menaikan omset penjualan online di Shopee yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur broadcast chat.

Di shopee ada 3 jenis broadcast chat yaitu Broadcast Pengikut atau Pembeli, Broadcast Pengingat Pembelian dan Broadcast Pengingat Penilaian.

Masing-masing cara penggunaannya sama yaitu dengan mengirimkan pesan ke beberapa orang atau pengikut toko kita, tetapi dengan fungsi yang berbeda sesuai jenis broadcast nya.

Kalian bisa memakai fitur ini di seller center shopee melalui menu Fitur Pengelolaan Pembeli>Chat Broadcast.

cara menaikan omset penjualan

Kalian hanya perlu memilih jenis broadcast yang kalian inginkan sesuai fungsinya, lalu tinggal buat pesan sesuai kata-kata kalian sendiri lalu klik kirim. Maka pesan broadcast kalian akan auto terkirim ke masing-masing target.

Perlu diingat, chat broadcast hanya bisa dilakukan antara jam 7 pagi hingga jam 9 malam aja. Dan hanya diberikan kuota broadcast satu kali tiap jenis chat broadcast.

Tips Tambahan Meningkatkan Omset Penjualan di Marketplace

9 cara diatas juga bisa kalian terapkan pada tiap marketplace selain shopee. Hanya berbeda untuk jenis promo dan fitur yang berlaku di masing-masing marketplace.

Dengan menerapkan cara menaikan omset penjualan mengikuti langkah-langkah diatas, dijamin omset kalian bakalan naik.

Tips ampuh tambahan agar omset toko kalian meningkat yaitu kalian bisa ikut program terbaru Shopee yaitu Jaringan Influencer Shopee. Kalian bisa temukan program ini di seller center shopee.

Dengan mengikuti program influencer Shopee, toko kalian bisa dipromosikan oleh para influencer dan mitra shopee dengan sistem komisi.

Jadi, para influencer ini nantinya akan mendapat komisi sesuai dengan yang telah kalian tetapkan sebelumnya. Dengan catatan pembeli itu berasal dari link yang telah diberikan oleh para influencer.

Program jaringan influencer ini juga dikenal sebagai program affiliate Shopee. Semua marketplace juga telah menerapkan program yang satu ini. Jadi tidak hanya berlaku untuk Shopee, tetapi juga untuk semua marketplace.

Tak lupa juga harus diselingi konsisten dan semangat yang tinggi untuk bisa menghasilkan omset yang meningkat. Do’a juga perlu agar kalian tidak hanya mengejar dunia, tetapi juga akhirat. Karena sejatinya rejeki itu sudah ada yang ngatur, so gak usah khawatir ya guys.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk toko online kamu yaa. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "8+ Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Shopee"