Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kode Billing dan Lapor SPT Masa PPN Kurang Bayar

Bagaimana sih cara lapor SPT masa PPN yang ada keterangan kurang bayar? Itu adalah salah satu pertanyaan yang sering saya temui ketika berbicara mengenai pajak, khususnya tentang SPT Masa PPN.

Nah pada artikel kali ini, saya akan share lagi pengalaman saya dalam melaporkan SPT Masa PPN dalam tanda kutip terdapat “Kurang Bayar” saat mengisi formulir online 1111. Langsung saja simak penjelasan berikut.

Lapor SPT masa PPN kurang bayar

SPT Masa PPN bisa berstatus “kurang bayar” karena pajak keluaran nilainya lebih besar dibandingkan pajak masukan. Sebaliknya, jika pajak keluaran nilainya lebih kecil dibandingkan pajak masukan, maka status pajak menjadi “lebih bayar” sehingga bisa diajukan Restitusi Pajak.

Cara Pengisian dan Lapor SPT Masa PPN Kurang Bayar

Untuk pelaporan SPT Masa, baik itu berstatus nihil, kurang bayar maupun lebih bayar caranya sama. Hanya saja akan ada perbedaan sedikit pada formulir 1111 di bagian II PENGHITUNGAN PPN KURANG BAYAR/LEBIH BAYAR.

Menurut pengalaman saya sebagai kontraktor saat lapor SPT Masa PPN, statusnya bisa kurang bayar saat mengangani proyek swasta karena saat pencairan dibayar full dengan PPN-nya sehingga saya harus bayar sendiri untuk masalah PPN. Berbeda kalau proyek pemerintah, yang mana PPN langsung dipotong saat pencairan.

Disini akan saya jelaskan langkah-langkah lapor SPT masa PPN kurang bayar dari mulai membuat kode billing, cara pembayaran hingga pengisiannya. Oke, berikut langkah-langkah lapor SPT Masa PPN Kurang Bayar:

1. MEMBUAT KODE BILLING

Yang pertama adalah membuat kode billing, yang mana nantinya kode billing ini digunakan untuk membayar PPN kurang bayar tadi. Sehingga setelah dibayar, maka status SPT Masa akan nihil dan tidak ada lagi status SPT Masa PPN kurang bayar.

Oke silahkan masuk ke web DJP Pajak lalu masukkan NPWP, kata sandi dan capthca seperti berikut.

lapor spt masa

Setelah berhasil login, pada beranda awal klik menu “Bayar” lalu klik “e-billing” seperti berikut.

lapor spt masa

Setelah itu kamu akan diarahkan ke Form buat kode billing. Silahkan isi yang ada tanda * karena itu wajib diisi. Saya beri contoh pengisian punya saya untuk kasus SPT Masa PPN kurang bayar seperti berikut.

lapor spt masa

Untuk “Jenis Pajak” saya pilih PPN dalam negeri karena saya akan setor pajak ke Negara, lalu untuk “Jenis Setoran” saya pilih 100-Masa, kareana saya akan lapor SPT Masa bulanan.

Setelah semua terisi, silahkan klik “Buat Kode Billing” maka nanti kamu akan mendapat file pdf cetakan kode billing sepeti ini.

lapor spt masa

Nah pada bagian bawah terdapat ID BILLING atau kode billing yang mana kode ini nantinya digunakan saat melakukan pembayaran.

2. PEMBAYARAN PPN

Langkah kedua untuk SPT Masa PPN kurang bayar adalah melakukan pembayaran PPN. Setelah tadi kalian berhasil membuat kode billing, kode tersebut digunakan untuk membayar kekurangan PPN lewat Bank Jatim maupun aplikasi.

Nah karena saya orangnya males antri di bank, maka untuk pembayaran SPT Masa PPN kurang bayar, saya menggunakan aplikasi Tokopedia.

Silahkan buka aplikasi tokopedia, bisa juga menggunakan web. Masuk ke menu “top up dan tagihan” lalu pilih “Bayar SPT Bulanan” seperti berikut .

cara lapor spt masa PPN

Silahkan masukkan kode billing tadi yang sudah kamu dapatkan, setelah itu klik bayar. 

cara lapor spt masa PPN

Setelah berhasil bayar, tunggu notif dari tokopedia untuk pembayaran berhasil.

Setelah ada notif pembayaran berhasil, silahkan download invoice pdf nya sebagai bukti pembayaran.

cara lapor spt masa PPN kurang bayar

Pada invoice tersebut, akan ada yang namanya NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara). Nah NTPN inilah yang nantinya diinput saat lapor SPT Masa PPN kurang bayar.

3. PENGISIAN DAN LAPOR SPT MASA KURANG BAYAR

Langkah terakhir adalah pengisian dan lapor SPT masa PPN kurang bayar. Untuk cara lapor SPT masa PPN sudah pernah saya bahas. Caranya sama walau ada status kurang bayar, yang membedakan hanya input NTPN.

Kalian bisa input NTPN saat lapor SPT masa PPN di formulir 1111 no. IIG “PPN kurang bayar dilunasi tanggal” seperti berikut.

lapor spt masa PPN kurang bayar

Setelah terisi, kalian bisa langsung klik submit dan lapor seperti biasa saat melaporkan SPT masa PPN.

Nah itulah tadi langkah-langkah lapor SPT masa PPN kurang bayar dari mulai membuat kode billing hingga input NTPN.

Sekian artikel mengenai cara lapor SPT masa PPN kurang bayar, semoga bermanfaat dan bisa membantu kebingunganmu yaa, terimakasih :)

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kode Billing dan Lapor SPT Masa PPN Kurang Bayar"