Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Ide Dan Peluang Usaha Moncer Untuk Generasi Millenial di Tahun 2023

ide dan peluang usaha

Tak terasa kita akan memasuki tahun baru lagi yaitu tahun 2023. Bagaimana apa kalian sudah siap menyambut tahun baru? Eitss, tapi jangan hanya sekedar menyambut tahun baru dengan status atau postingan yang hanya sekedar tulisan saja yaa.

Kalian juga harus punya target yang harus dicapai di tahun baru ini. Nah untuk membantu mencapai target kalian di tahun 2023 ini, yuk simak beberapa ide dan peluang usaha yang mungkin bisa kalian coba.

Berikut ada beberapa inspirasi ide dan peluang usaha yang cocok untuk generasi millennial yang wajib kalian terapkan di era baru ini.

7 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Untuk Para Kawula Muda

Mumpung masih muda, kalian harus mencoba hal-hal baru agar bisa mendapatkan pengalaman. Karena pengalaman itulah guru yang sangat berharga dalam kehidupan kita.

Semakin bertambah dewasa, kita pasti mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri. Tidak mungkin terus-terusan bekerja menjadi karyawan atau pengangguran.

Kita harus mencoba menjadi bos untuk diri kita sendiri. Jaman sekarang banyak kok ide dan peluang usaha melalui internet yang bisa kita coba jalankan.

Sekarang semuanya serba online dan semua orang bergantung pada gadget masing-masing.

Nah untuk itu, kalian harus membuka pikiran dewasa kalian agar bisa menemukan ide dan peluang usaha yang cocok untuk kalian jalankan.

Simak artikel ini sampai habis agar kalian tau mana ide dan peluang usaha yang cocok untuk kalian coba di tahun 2023. Silahkan disimak baik-baik ya!

1. Membuka Toko Online di Tiktok Shop

peluang usaha
Tiktok Shop

Saat ini tiktok shop menjadi incaran para pembeli karena terdapat program gratis ongkir yang gila-gilaan. Ini yang membuat tiktok shop makin booming akhir-akhir ini.

Banyak sekali penjual online yang berpindah dari marketplace sebelah ke tiktok shop karena banyak sekali peminatnya.

Tiktok shop booming karena mereka menyediakan video berdurasi pendek yang bisa diarahkan ke toko online maupun produk yang dijual.

Ini merupakan salah satu ide dan peluang usaha yang bisa kalian coba. Kalian hanya perlu membuat toko di tiktok shop lalu mulai berjualan online. Untuk daftarnya pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Kalau kalian bingung masalah produk apa yang mau dijual, kalian bisa baca cara memilih produk online paling laku.

Kalau belum punya produk gimana? Gampang, kalian bisa memilih untuk menjadi reseller maupun dropshipper.

Kalian tinggal jualin produk orang lain lalu upload produk kalian di tiktok shop. Kalau kalian nggak mau ribet packing, kalian bisa menjadi dropshipper.

Tapi kalau kalian ingin packing sendiri karena kalian jago packing yang bagus, maka reseller pilihannya.

Menjadi reseller maupun dropshipper di tiktok shop sama-sama menguntungkan. So, kalian tinggal pilih saja mana yang cocok buat kalian untuk menerapkan ide dan peluang usaha ini.

2. Membuat Channel Youtube Short

ide usaha
Youtube Shorts

Baru-baru ini youtube mengumkan bahwa youtube short bisa di monetisasi alias mendapatkan penghasilan.

Sebelumnya, para kreator youtube short hanya mendapatkan bonus dari channel short yang mereka buat dengan syarat tertentu.

Nah di tahun 2023 mendatang, youtube resmi mengumkan bahwa youtube short bisa di monetisasi tanpa perlu syarat jumlah subscriber.

Ini bisa menjadi ide dan peluang usaha bagi kalian untuk mendapatkan penghasilan. Kalian bisa buat channel youtube mulai dari sekarang, agar di tahun 2023 nanti kalian sudah siap menyambut program youtube short yang baru.

Daftarnyapun mudah, kalian hanya perlu alamat email yang aktif. Lalu kalian tinggal mendaftar untuk menjadi konten kreator di youtube.

Tidak seperti youtube regular, youtube short hanya berdurasi maksimal 1 menit. Jadi kalian lebih mudah untuk membuat konten.

Tunggu apalagi? Segera buat akun youtube kalian yaa!

3. Membuat Website Undangan Pernikahan Online

Jika kalian jago dalam membuat website, kalian bisa coba ide dan peluang usaha ini. Karena jaman sekarang banyak undangan yang hanya melalui link tertentu yang mengarah ke sebuah website.

Ini merupakan ide dan peluang usaha yang sama-sama menguntungkan dari sisi pemilik website maupun dari sisi calon pengantin.

Daripada membeli undangan hingga ratusan lembar, para calon pengantin lebih memilih untuk menyebar link website ke teman-teman mereka.

Selain menghemat biaya pernikahan, ini bisa menghemat waktu karena tidak perlu lagi mengantarkan undangan.

Ide dan peluang usaha website undangan pernikahan online ini semakin marak karena banyaknya calon pengantin yang menikah di usia muda.

Untuk itu ide bisnis ini bisa kalian coba bagi kalian yang jago bikin website.

4. Membuat Jasa Kursus Online

Ada lagi ide dan peluang usaha yang bisa kalian coba yaitu membuat jasa kursus online. Berbeda dengan offline, kursus online ini tidak memerlukan tempat untuk kursus.

Semua murid akan di berikan kursus melalui online yaitu website. Jadi kalian tinggal menyediakan website saja.

Nantinya kalian bisa mengadakan zoom atau bertatap muka melalui jaringan internet. Untuk materinya, kalian hanya mencantumkan didalam website saja.

Bagaimana simpel bukan?

5. Membuat Jasa Penulisan Artikel

Banyak para pembuat blog yang malas untuk menulis karena masalah waktu. Nah ini bisa menjadi ide dan peluang usaha yang bisa kalian coba.

Kalian bisa menjadi jasa tulis artikel yang diinginkan oleh konsumen. Kalian bisa mematok harga per jumlah kata maupun per artikel.

Tidak usah bingung untuk menulis artikel, karena banyak sekali referensi yang sejenis dengan artikel yang akan kalian tulis di internet.

Kalian tinggal memparafrasakan kata atau membolak balik kata dalam artikel referensi tadi.

Untuk cara pemasaran jasa ini, kalian tinggal join saja di grup facebook blogger atau sejenisnya. Lalu kalian tinggal promosikan jasa kalian disana.

Untuk jumlah kata, bisa kalian tentukan sendiri atau ditentukan oleh konsumen dengan biaya tertentu.

6. Menjadi Online Freelancer

Nah ide dan peluang usaha yang satu ini cocok bagi kalian yang punya skill tertentu.

Ada banyak sekali situs website penyedia job freelance yang bisa kalian coba seperti projects.co.id, freelancer.com, sribulancer.com, upwork, dll.

Di situs tersebut ada banyak sekali pekerjaan freelance mulai dari penulisan artikel, membuat website, membuat denah rumah, edit foto, kuisioner, dll.

Kalian bisa mencari job yang sesuai dengan keahlian kalian lalu ikut bidding. Jika menang, kalian akan diajak berkomunikasi langsung dengan si pembuat job.

7. Menjual Stok Foto & Video

peluang usaha

Kalian hobi foto? Atau membuat video footage? Ide dan peluang usaha yang terakhir ini cocok banget buat kalian.

Daripada hanya kalian posting di instagram, mending jual hasil foto atau video kalian di situs stok foto.

Beberapa situs stok foto seperti shutterstock, envanto element, iStock, pixabay, dll menyediakan tempat khusus bagi orang-orang yang ingin menjual foto mereka.

Tapi perlu diingat ini bukan foto selfie yaa. Situs ini menyediakan stok foto maupun video untuk konten, background, desain, logo, template, footage, landscape, dll.

Tidak perlu kamera DSLR, kalian bisa memfoto sesuatu hanya dari gadget kalian saja.

Disini kalian bisa mematok harga bagi para pengunduh foto yang tertarik dengan hasil foto atau video kalian.

Ini juga merupakan salah satu investasi digital, karena hanya dengan satu foto atau video saja lalu banyak orang yang tertarik dan mengunduh foto atau video kalian, maka penghasilan akan datang dengan sendirinya.

Sudah Ada Gambaran Ide dan Peluang Usaha Yang Mau Kalian Coba?

Sekali lagi mumpung masih muda, kalian harus memanfaatkan waktu yang ada mulai dari sekarang.

Kalian bisa memilih salah satu dari 7 ide dan peluang usaha diatas untuk kalian coba mulai jalani. Dengan kata lain, ikuti passion yang ada pada diri kalian.

Jalani saja dulu dan jangan pernah takut gagal. Intinya harus semangat dan konsisten yaa. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "5+ Ide Dan Peluang Usaha Moncer Untuk Generasi Millenial di Tahun 2023"