Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membeli Saham Perusahaan Tbk Bagi Pemula?

cara beli saham pemula

ASUPAN – Jaman sekarang banyak sekali orang khususnya generasi milenial yang sudah melek investasi. Salah satu instrumen investasi yang sedang digandrungi para remaja saat ini yaitu saham.

Apalagi sekarang ada program nabung saham hanya dengan bermodalkan uang 100 ribu rupiah saja. Namun, ketika para remaja ingin membeli saham, mereka masih bingung bagaimana cara membeli saham itu sendiri.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Untuk beli saham suatu perusahaan, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Kamu harus memilih perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Perusahaan sekuritas yaitu perusahaan perantara untuk perdagangan efek, penjamin emisi dan kegiatan lain yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Banyak perusahaan sekuritas yang bisa digunakan sebagai sarana jual beli saham. Berikut beberapa pilihan perusahaan sekuritas untuk yang bisa digunakan untuk membeli saham bagi permula:

  • BCA Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • CGS-CIMB Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas
  • MNC Sekuritas
  • Panin Sekuritas
  • Philip Sekuritas
  • Indo Premier Sekuritas
  • Ajaib Sekuritas
  • Dll

1. Buat Rekening Di Aplikasi Sekuritas

Setelah memilih perusahaan sekuritas, kamu tinggal cari aplikasinya di playstore atau apps store. Setelah diinstal, kalian tinggal daftar untuk membuat Rekening Dana Nasabah (RDN).

Yang kamu perlu tau, membeli saham perusahaan itu tidak bisa menggunakan rekening yang kalian biasanya gunakan sehari-hari. Kalian harus punya RDN terlebih dahulu untuk bisa bertransaksi saham.

Pembukaan RDN ini bisa dilakukansecara online, jadi kamu tidak perlu datang ke perusahaan sekuritas tersebut.

Kamu bisa pilih salah satu perusahaan sekuritas diatas yang sudah disebutkan, karena beberapa perusahaan sekuritas tersebut dapat menyediakan alternative pembukaan RDN secara online.

2. Mulai Deposit Saldo

Setelah berhasil melakukan pembukaan RDN, kamu tinggal deposit saldo ke RDN yang sudah kamu punya. Untuk deposit sendiri, bisa kamu lakukan melalui transfer dari rekening kamu sehari-hari.

Kamu bisa top up melalui ATM, Ibanking atau mbanking. Nantinya dana yang kamu transfer ke RDN akan masuk ke saldo sekuritas kamu yang bisa kamu gunakan untuk membeli saham perusahaan.

3. Menetapkan Tujuan Investasi Saham

Sebelum membeli saham perusahaan tbk, pastikan kamu sudah menetapkan tujuan dari pembelian saham kamu. Kamu memlihi untuk jadi trader atau investor.

Investor yaitu seseorang yang berinvestasi untuk tujuan jangka panjang dengan menerapkan sistem value investing sehingga benar-benar memperhatikan kinerja perusahaan yang dipilih.

Sedangkan trader yaitu seseorang yang melakukan jual beli saham dalam jangka waktu singkat dengan melihat pergerakan harga dan grafik saham.

Baik investor maupun trader, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

4. Mulai Membeli Saham

Setelah tujuan investasi sudah kamu tetapkan, kamu kini siap membeli saham. Cara membeli saham bagi pemula memang seharusnya harus belajar lebih dalam dahulu. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesalahan dalam membeli saham perusahaan tbk.

Untuk membeli saham, kamu tinggal masukkan kode saham yang ingin kamu beli. Nantinya aka nada pilihan “buy” dan kamu tinggal memasukkan jumlah lot yang kamu ingin. Minimal pembelian saham adalah 1 lot.

1 lot saham sama dengan 100 lembar saham. Ketika harga yang tertera 100, maka itu adalah harga saham per lembar. Jadi jika kamu beli 1 lot, maka kamu perlu membayar 10.000 untuk dapat 100 lembar saham.

Strategi Beli Saham Bagi Pemula

Saat kamu bertransaksi jual beli saham, perusahaan sekuritas yang kamu pakai akan mengenakan biaya administrasi (fee). Untuk fee itu sendiri berbeda-beda tiap perusahaan sekuritas.

Ingat bahwa saham itu High Risk High Return. Kamu tidak boleh asal beli saham, sebelum mengetahui prospek dari saham itu sendiri. Karena terdapat 600+ pilihan perusahaan yang bisa kamu pilih.

Ketika kamu memilih untuk tujuan investasi jangka panjang, maka kamu harus sering membaca berita untuk saham yang kamu pilih. Kamu juga bisa menganalisalaporan keuangan perusahaan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jangan tergiur pom-pom dari pihak-pihak terkenal maupun yang terkenal. Kamu harus bisa menganalisa saham mana yang bisa dijadikan pasif income di masa yang akan datang untuk pensiun dini.

Itulah beberapa tips, cara membeli saham bagi pemula yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk membeli saham pertama kali. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membeli Saham Perusahaan Tbk Bagi Pemula?"