Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Saham? Yuk, Kenali Lebih Jauh Mengenai Saham!

Apa itu saham?

Pengertian Saham

Siapa sih, yang belum pernah mendengar kata saham? Semua orang tentu sudah sering sekali mendengar istilah investasi saham bukan? Saham sendiri dikenal sebagai salah satu instrumen pasar keuangan yang paling banyak dikenal masyarakat. Namun, pada bagian sisi yang lainnya, saham juga dikenal sebagai instrumen investasi yang paling banyak dipakai para investor.

Hal ini dikarenakan saham yang mampu memberikan tingkat keuntungan yang lebih besar. Jadi tidak heran jika perusahaan manapun banyak yang memilih untuk menerbitkan sahamnya guna memutuskan untuk mendanai perusahaan tersebut. Saham sendiri bisa didefinisikan sebagai sebuah tanda atas penyertaan modal dari pihak badan usaha atau perorangan dalam perusahaan.

Nah, dengan adanya penyertaan modal inilah baik pihak badan usaha maupun seseorang yang melakukan investasi saham pasti memiliki hak klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas aset perusahaan, bahkan atas kehadirannya dalam acara Rapar Umum Pemegang Saham atau RUPS. Dengan ini, bisa disimpulkan jika investasi saham merupakan langkah yang tepat khususnya bagi kaum milenial yang ingin pensiun di usia muda dengan berinvestasi.

Manfaat dan Keuntungan Memiliki Saham

Saham sendiri memiliki banyak sekali manfaat serta keuntungan yang bisa dirasakan oleh pihak penanam modal. Keuntungan ini bahkan meliputi dividen dan juga capital gain yang mana memiliki nilai yang sangat besar. Namun, manfaat utama dari saham ini adalah dimana saham bisa menjadi salah satu instrumen dari investasi, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

  1. Mendapatkan Dividen

Mendapatkan sebuah dividen ini termasuk keuntungan dari melakukan investasi saham yang mana sebenarnya dividen merupakan bagian keuntungan dari perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Besaran jumlah dividen ini akan dibagikan atas usulan Dewan Direksi perusahaan, setelahnya juga disetujui oleh para pemegang saham di dalam sebuah Rapat Umum Pemegang Saham.

Dengan ini, bisa disimpulkan jika dividen ini termasuk pendapatan tambahan yang mana.bisa diraih olehn para investor-investor ketika mereka memutuskan untuk membeli saham dari para emiten yang mana memiliki performa pendapatan yang jauh lebih bagus.

  1. Mendapatkan Capital Gain

Keuntungan investasi saham selanjutnya adalah mendapatkan Capital Gain yang mana ini merupakan sebuah keuntungan yang didapatkan ketika para investor menjual sahamnya dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dari harga belinya. Jadi, peran saham disini sebagai sebuah aset likuid yang mana artinya mudah untuk diperjual belikan melalui Bursa.

Biasanya, para investor yang memiliki tujuan untuk memanfaatkan saham sebagai alat investasi jangka pendek akan mengharapkan adanya Capital Gain ini. Pastinya ada selisih harga antara harga jual dan juga harga belinya.

Ini jelas akan berbeda dari mereka yang menginginkan Saham sebagai bentuk dari investasi saham jangka panjang. Sebab jika dari awal memang sudah menggunakan saham sebagai instrumen dari investasi jangka panjang, pastinya mereka akan melakukan pembelian saham secara rutin, atau bahkan menabung uang untuk dijadikan program nabung saham.

Kelebihan dari  Saham

  1. Saham tidak memerlukan perawatan khusus dari para investornya.
  2. Saham memiliki keuntungan yang didapatkan dari hasil memperjualbelikan saham melalui Bursa Efek Indonesia.
  3. Nilai dari saham sangat mudah dipantau, bahkan bisa dilihat baik melalui media cetak maupun media elektronik.
  4. Dengan saham, kalian tidak perlu lagi membayar pajak selagi masih memilikinya.
  5. Saham memberikan potensi keuntungan atau return yang lebih tinggi.
  6. Saham bisa menjadi Capital Gain yang mana para investor bisa menjual sahamnya dengan nominal yang jauh lebih besar dari harga beli.
  7. Memiliki keuntungan yang berasal dari pembagian perusahaan, keuntungan ini biasa dikenal dengan dividen.
  8. Saham bersifat fleksibel yang mana investasi saham bisa dilakukan kapanpun dan di manapun melalui aplikasi.
  9. Tidak membutuhkan Pegawai atau rekrutmen karyawan baru.

Kekurangan yang Dimiliki Saham

  1. Saham tidak membutuhkan pegawai atau karyawan, yang mana ini membuat para investornya harus memantau sendiri investasi saham yang dilakukannya.
  2. Saham memiliki peluang besar dalam mempengaruhi psikologis para investornya sebab harga saham yang mudah dipantau kapan saja.
  3. Adanya kesempatan likuid yang mana menjadikan nilai saham fluktuatif yang mana bisa naik turun.
  4. Karena adanya return yang tinggi, menjadikan saham juga berpotensi besar untuk mengalami kerugian.
  5. Adanya Capital Loss yang bisa saja membuat para investornya menjual saham dengan nilai yang lebih rendah daripada harga belinya.
  6. Adanya risiko likuidasi yang mana jika perusahaan kalian menanam modal mengalami bangkrut, maka investasi saham juga akan ikut merugi.
  7. Adanya delisting dari bursa yang mana ini memberikan peluang atas penghapusan pencatatan saham dari Bursa Efek Indonesia.
Nah, itulah beberapa ulasan mengenai investasi saham yang bisa kalian jadikan sebagai bagian dari instrumen investasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika kalian memang memiliki niat untuk menanam saham, alangkah baiknya kalian memilih dan memilah dengan tepat perusahaan mana yang akan kalian bantu dengan penanaman saham tersebut sehingga tidak terkesan asal beli seperti bermain judi, karena saham beda dengan judi.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Saham? Yuk, Kenali Lebih Jauh Mengenai Saham!"