Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Cashless: Cara Kirim Barang Ke Ekspedisi Dengan Metode Cashless

Di jaman sekarang semuanya sudah serba praktis. Dari mulai beli makanan bisa secara online, angkutan umum yang serba online, sampai sistem ambil uang tunai tanpa perlu memakai kartu ATM.

Sebagai penjual online, dulu kita mengirimkan barang ke pihak ekspedisi dengan membawa paket barang dan uang tunai untuk dibayar. Sekarang sudah ada metode baru yang disebut, metode cashless.

Metode ini diluncurkan oleh pihak ekspedisi yang bekerja sama dengan suatu marketplace. Jadi ketika si penjual online atau seller akan mengirimkan paket ke ekspedisi, si penjual tidak perlu membawa uang tunai lagi.

cashless

Pengertian Cashless

Lalu apa itu cashless? Cashless artinya suatu metode untuk sistem pembayaran non tunai atau tanpa uang tunai sama sekali.

Sebagai contoh sistem cashless adalah kartu e-toll. Dulu ketika lewat jalan tol, kita harus membayar sejumlah uang tunai barulah palang pintu tol terbuka.

Sekarang hanya menggunakan kartu yang sudah di top up dan menempelkan pada mesin pembayaran, maka palang pintu tol otomatis terbuka.

Sama dengan sistem e-toll, saat ini pengiriman paket melalui ekspedisi juga sudah menggunakan sistem cashless. Jadi para seller tidak perlu repot-repot lagi membawa uang tunai.

Biaya pengiriman itu nantinya akan dipotong dari saldo penjualan di marketplace. So, ketika kirim barang, kita hanya perlu menyerahkan ke pihak ekspedisi tanpa perlu membayar tunai lagi.

Kelebihan Metode Cashless Bagi Penjual Online

1. Tidak Perlu Membayar Tunai

Dulunya kita sebagai seller harus membawa uang tunai ketika akan mengirimkan paket ke ekspedisi. Tapi sekarang dengan metode cashless, kita tidak perlu repot lagi membawa uang tunai.

Kita hanya perlu membawa paket yang akan dikirim dan menginfokan kepada ekspedisi bahwa paket yang kita kirim itu cashless.

Jadi nanti pihak ekspedisi akan otomatis paham bahwa kita penjual online di marketplace.

2. Tidak Perlu Antri

Manfaat cashless selanjutnya yaitu kita sebagai seller tidak perlu antri lagi ketika mengirim paket di ekspedisi.

Kita bisa langsung menaruh paket di meja ekspedisi lalu menginfokan pada pihak ekspedisi lalu bisa kita tinggal tanpa perlu antri.

Yang saat ini masih antri di ekspedisi, kemungkinan orang-orag yang mengirim paket tanpa metode cashless atau masih bayar tunai.

3. Pengiriman Barang Bisa Di Pickup

Nah ini merupakan kelabihan yang utama dari sistem cashless. Jika menggunakan sistem cashless, penjual online tidak perlu repot lagi kirim barang ke ekspedisi.

Nantinya pihak ekspedisi sendiri yang akan pickup untuk paket yang akan dikirim. Ini bisa dilakukan saat mencetak label pengiriman barang.

Terdapat dua pilihan yaitu antar ke ekspedisi atau atur pickup. Jika kalian memilih antar ke ekspedisi, maka kalian tetap harus mengantar paket ke pihak ekspedisi seperti biasanya.

Tetapi ketika kalian memilih atur pickup, maka pihak ekspedisi yang akan datang ke rumah kalian untuk ambil paket tanpa perlu repot keluar rumah.

4. Menghemat Waktu

Pastinya program cashless dalam pengiriman paket ini sangat terasa manfaatnya bagi para penjual online.

Di samping praktis, kalian juga bisa menghemat waktu karena pihak ekspedisi yang datang ke rumah, bukan kita yang ke pihak ekspedisi.

Jadi kalian bisa menggunakan waktu yang ada untuk promosi toko kalian agar toko online semakin ramai pembeli, tanpa perlu pusing mengirimkan paket ke ekspedisi.

Dampak Program Cashless Untuk Jualan Online

Program cashless yang diluncurkan saat ini memang sangat berdampak pada jualan online khususnya untuk seller.

Di samping tidak memerlukan uang tunai saat kirim paket, program cashless ini juga memberikan bonus kepada para seller dengan nominal tertentu tergantung pihak ekspedisi.

Seller akan resmi menjadi keanggotaan dari program cashless dari masing-masing ekspedisi.

Contohnya untuk jasa kirim JNE. Jasa kirim ini sudah ada keanggotaan untuk cashless bernama JLC.

Nantinya para anggota JLC bisa menikmati berbagai keuntungan seperti potongan harga dan undian hadiah menarik lainnya.

Jadi, apakah kamu sudah mengaktifkan program cashless di online shop mu? Semoga artikel ini bermanfaat yaa.

Posting Komentar untuk "Metode Cashless: Cara Kirim Barang Ke Ekspedisi Dengan Metode Cashless"