Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendekati Tanggal Persalinan Anak Pertama, Perlengkapan Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?

Sebagian besar pasangan suami istri pasti akan bingung untuk menyiapkan perlengkapan bersalin, apalagi yang baru dianugerahi anak pertama. Lantas apa saja perlengkapan yang harus disiapkan saat melahirkan anak pertama?

Menjelang kelahiran sang istri, seorang ayah juga harus peka untuk barang-barang yang akan dibawa saat istri akan lahiran di rumah sakit. Penting bagi ayah untuk mengetahui perlengkapan ibu bersalin agar nantinya waktu istri sudah di rumah sakit, ayah tidak perlu bingung lagi menyiapkan perlengkapan ibu bersalin.

Persiapan Melahirkan Anak Pertama, Ayah Harus Tahu !

2 minggu sebelum istri melahirkan, sebaiknya ayah siapkan dulu beberapa barang-barang yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit ketika istri sudah melahirkan.

Selain perlengkapan ibu bersalin, ayah juga harus menyiapkan tempat atau lahan kecil untuk mengubur ari-ari bayi nantinya.

Oke ayah, silahkan dibaca artikel ini sampai habis ya biar bisa prepare dari sekarang.

Inilah beberapa perlengkapan dan hal-hal yang harus disiapkan ayah saat istri akan melahirkan anak pertama:

1. LAHAN ATAU TEMPAT UNTUK ARI-ARI

Kalau ini sang ayah memang wajib tahu. Nantinya setelah istri sudah melahirkan, dari pihak rumah sakit akan memberikan ari-ari sang bayi kepada anggota keluarga untuk nantinya dikubur.

Untuk langkah-langkah atau cara mengubur ari-ari bayi bisa dibaca pada artikel berikut: Cara Menguburkan Ari-Ari Bayi 

2. PERLENGKAPAN BAYI

Perlengkapan bayi menjelang persalinan cukup banyak. Memang wajar jika pasangan yang baru dianugerahi anak pertama masih bingung apa saja perlengkapan bayi yang harus dibawa saat lahiran. Nantinya ayah bisa berkoordinasi dengan istri mengenai perlengkapan bayi ini.

Untuk perlengkapan bayi saat ibu bersalin, ayah bisa menyiapkan beberapa perlengkapan berikut:

1. Bedong Bayi

Bedong bayi adalah sejenis selimut yang digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi. Jadi nantinya bedong ini digunakan setelah sang bayi sudah keluar dari rahim ibu.

Bedong sendiri juga berfungsi agar si bayi tidak kaget dengan tingkahnya sendiri. 

Untuk bedong, ayah dan ibu bisa menyiapkan 2 pcs saja yang harus di bawa ke rumah sakit. Bedong juga bisa dibeli di toko-toko bayi maupun online shop ya.

2. Set Baju Bayi

Untuk baju bayi juga bisa ditemukan di toko-toko bayi maupun online. Ayah bisa membeli set baju+celana bayi sebanyak 3-4 set untuk dibawa saat ibu bersalin.

3. Handuk Bayi

Handuk bayi juga perlu dibawa dan bisa dibeli di toko-toko bayi ataupun online. Untuk handuk bayi, ayah bisa siapkan 1 pcs saja.

Ayah juga bisa membawa perlengkapan mandi bayi seperti sabun dan shampo. Tapi kebanyakan rumah sakit sudah menyediakan jadi tidak perlu bawa juga tidak apa-apa.

Nantinya jika bayi waktunya dimandikan, aka nada suster atau perawat yang akan memandikan sehingga perlengkapan mandi sudah disediakan pihak rumah sakit.

4. Pelindung Tangan Bayi

Pelindung tangan bayi atau sarung tangan bayi bisa ayah siapkan sebanyak 2 pcs. 

5. Popok Bayi

Untuk popo bayi bisa didapatkan di toserba atau toko-toko bayi. Jangan lupa untuk memilih popok bayi yang bertuliskan “New Born” karena popok ini di desain khusus untuk bayi yang baru lahir.

Untuk merk popok sendiri, ayah bisa memilih merk apa saja yang penting khusus untuk popok bayi baru lahir.

6. Selimut Bayi

Berbeda dengan bedong, selimut bayi berguna untuk menyelimuti si bayi setelah di bedong. Jadi ada 2 rangkap untuk menghangatkan bayi nantinya, yaitu bedong dan selimut bayi.

3. PERLENGKAPAN MANDI & RIAS

Alat mandi disini untuk keperluan mandi ayah dan ibu nantinya menginap di rumah sakit. Ayah bisa menyiapkan sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampo, handuk, dll.

Untuk alat mandi bayi, kebanyakan pihak rumah sakit sudah menyediakan. Nantinya sang bayi akan dimandikan oleh suster atau perawat selama di rumah sakit.

Selain perlengkapan mandi, ayah juga bisa tanya istri apakah perlu membawa alat rias atau tidak. Soalnya biasanya kalau cewek kemana-mana bawa alat rias sih, hehee.

4. BAJU GANTI AYAH & IBU

Untuk persiapan melahirkan anak pertama selanjutnya adalah membawa beberapa baju ganti selama di rumah sakit. Estimasi di rumah sakit nanti sekitar 2-3 hari. Jadi bawa baju seperlunya saja, sekiranya cukup untuk ganti baju 2-3 hari tadi.

5. BIAYA PERSALINAN

Nah ini juga penting ya ayah, biaya persalinan. Jauh-jauh hari ayah harus sudah menyiapkan biaya persalinan sang istri.

Jika menggunakan asuransi atau BPJS, ayah harus menyiapkan beberapa berkas yang diperlukan, seperti fotocopy KTP, KK, kartu BPJS, dll.

Jadi ketika nanti waktu hari persalinan tiba, biaya maupun berkas persalinan sudah siap, sehingga ayah tidak bingung lagi menyiapkan berkas sebagai perlengkapan ibu bersalin.

Mental Istri Juga Perlu Disiapkan

Selain beberapa perlengkapan di atas, ayah juga harus memberikan semangat kepada istri agar mental istri tidak down saat akan melahirkan nantinya.

Yang ayah bisa lakukan adalah dengan meijat lembut kaki istri sambil diajak bicara. Ingatkan juga sang istri agar berdoa terlebih dahulu saat proses lahiran akan dimulai.

Sang ayah juga harus banyak-banyak berdoa agar istri dan anak pertama lahir dengan selamat.

Kehadiran keluarga lain juga diperlukan karena sang ayah nantinya akan mondar mandir mengurus administrasi persalinan. Kehadiran keluarga diperlukan untuk menjaga barang-barang bawaan dan agar ayah juga merasa sedikit tenang.

Oke itu tadi beberapa hal yang perlu disiapkan saat melahirkan anak pertama. Peran sang ayah sangat penting disini saat istri akan bersalin.

Semoga istri bisa lahiran dengan lancar dan selamat yaa :)

Posting Komentar untuk "Mendekati Tanggal Persalinan Anak Pertama, Perlengkapan Apa Saja Yang Perlu Disiapkan?"