Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bipolar? Simak Tanda Dan Gejalanya

ASUPAN – kalau kita ngomongin tentang gangguan bipolar, secara umum kita sedang berbicara tentang periode ekstrim yang terjadi pada seseorang. Dalam satu periode entah itu beberapa minggu atau beberapa bulan, orang dengan gangguan bipolar akan ngerasa seneng banget, ngerasa keren, ngerasa wah pokoknya. Sampe-sampe mereka berani ngelakuin berbagai hal baru yang beresiko dan hal ini dilakuin secara mendadak.

Nah tapi setelah ngerasain itu, tiba-tiba akan muncul lagi satu periode lain dimana selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan mereka ngerasa sedih, lelah dan nggak pengen ngapa-ngapain. Bahkan ada yang sampe kepikiran mengakhiri hidupnya.

Hal-hal yang dialami oleh orang-orang tadi merupakan tanda dari gangguan bipolar. Jika kalian pernah ngalamin tanda-tanda tadi, belum tentu juga itu bipolar. Kalian bisa konsultasi ke pakar atau ke dokter maupun psikiater.

Apa itu bipolar

Jadi apa itu gangguan bipolar? Secara umum menurut American Psychological Association (APA), gangguan bipolar adalah gangguan mental dimana seseorang mengalami perubahan mood secara drastis. Dari yang tadinya seneng jadi sedih atau kelelahan atau sebaliknya. Orang-orang dengan gangguan bipolar juga ngerasain mood-mood secara intens dan jangka waktunya cukup lama. Beda dengan mood swing, jika hanya sehari seneng tiba-tiba besoknya sedih karena sesuatu hal itu merupakan hal biasa atau yang disebut mood swing. Kalau bipolar, perubahan mood nya bisa nyampe berminggu-minggu atau berbulan-bulan secara intens.

Ada dua fase pada pengidap gangguan bipolar sebagai berikut :

1. FASE MANIA

Fase Mania Bipolar

Fase dimana seseorang ngerasa seneng dan berenergi. Selain ngerasa seneng, orang yang lagi dalam fase mania tuh ngerasa dirinya sangat keren, punya banyak ide, ngerasa nggak butuh tidur, dan kadang berani ngelakuin hal-hal yang beresiko.

Misalnya aja tiba-tiba tuh orang belanja sampe ngabisin puluhan juta, tiba-tiba bikin tattoo full di badan atau tiba-tiba pengen aja gitu ngebut-ngebutan di jalanan.

2. FASE DEPRESI

Fase Depresi Bipolar

Fase dimana seseorang ngerasa sedih dan kelelahan. Selain sedih dan kelelahan, orang pada fase ini bakal ngerasain hampa, merasa nggak berguna, sulit konsentrasi, nggak pengen ngapa-ngapain dan juga tiba-tiba pengen bunuh diri.

Intinya seseorang dengan gangguan bipolar itu mengalami fase mania dan fase depresi bergantian secara terus menerus alias seumur hidup. Gangguan bipolar ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia di otak jadi bukan sekedar mood swing biasa yang bisa ditangani sendiri dengan mudah.

Pengidap bipolar bisa meminta bantuan psikolog atau psikiater agar hal-hal ekstrim tidak terjadi. Dari psikolog nantinya akan disarankan untuk menjalankan Strategi Manajemen Diri. Dengan Strategi Manajemen Diri ini, kalian akan bisa mengontrol, meminimalisir atau bahkan mencegah kemunculan gejala-gejala bipolar lagi.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bipolar? Simak Tanda Dan Gejalanya"