Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Darimana Kita Bisa Mengetahui Laporan Keuangan Perusahaan Tbk?

ASUPAN - Ketika kita ingin membeli saham saham suatu perusahaan terbuka (Tbk), tentu kita harus tahu dulu bagaimana kinerja perusahaan tersebut, apakah pendapatannya konsisten naik atau malah turun, bagaimana juga dengan laba perusahaan, apakah profit atau masih merugi.

Ada 3 cara yang bisa kamu ikuti, simak baik-baik ya.


1. SITUS BURSA EFEK INDONESIA

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menyediakan situs resmi agar kamu bisa mengintip laporan keuangan suatu perusahaan terbuka (Tbk) dengan mudah. Kamu juga bisa mendownload laporan keuangan perusahaan untuk dibaca nanti dalam bentuk excel maupun pdf.

Caranya kamu tinggal masuk ke situs www.idx.co.id pilih menu PERUSAHAAN TERCATAT, lalu klik Laporan Keuangan dan Tahunan. Kamu bisa isi Kode/Nama Perusahaan, Tahun, dan Period sesuai yang kamu inginkan lalu klik tombol Cari.

Setelah itu scroll di bagian bawah, perusahaan yang kamu cari akan muncul beserta file lampiran pendukungnya. Kamu bisa pilih file yang berjudul FinancialStatement yang berformat excel maupun pdf.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel berikut Cara Unduh Laporan Keuangan Perusahaan Terbuka (Emiten) di BEI

 

2.  SITUS PERUSAHAAN ITU SENDIRI

Cara kedua kamu bisa langsung menuju situs web perusahaan itu sendiri. Contoh jika kamu ingin tahu laporan keuangan dari PT. Sidomuncul (SIDO), maka langsung saja masuk ke situs perusahaan www.sidomuncul.co.id. Biasanya pada bagian atas terdapat menu INVESTOR atau HUBUNGAN INVESTOR atau INVESTOR RELATIONSHIP.

Lalu kamu bisa pilih Informasi Keuangan dan klik Laporan Keuangan. Untuk setiap situs perusahaan berbeda-beda tampilan dan bahasa menunya. Jadi kalian tinggal ulik-ulik aja yang berhubungan dengan kata Laporan Keuangan.

 

3.  SITUS GOOGLE

Cara terakhir dan termudah kamu bisa langsung saja ketik di google. Contoh lagi jika ingin mencari laporan keuangan PT. Sidomuncul (SIDO), maka kamu tinggal ketik "Laporan Keuangan Perusahaan PT. Sidomuncul" seperti gambar di bawah :

Kalian tinggal klik saja salah satu dari beberapa pilihan dan kalian bisa juga download laporan keuangannya.

Gimana? Sudah tau kan sekarang caranya?

Posting Komentar untuk "Darimana Kita Bisa Mengetahui Laporan Keuangan Perusahaan Tbk?"