Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Hal Yang Perlu Kalian Siapkan Ketika Akan Pasang AC Baru

Saat berencana memasang AC (Air Conditioner) baru di rumah atau kantor, ada beberapa hal yang penting yang harus disiapkan guna memastikan pemasangan AC berjalan lancar dan memberikan kenyamanan maksimal. 

AC adalah salah satu perangkat yang sangat penting, terutama di daerah dengan cuaca panas. Namun, sebelum kamu berencana untuk pasang AC, ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dengan seksama.

Pasang AC Baru

Artikel ini saya tulis karena saya baru saja memutuskan untuk pasang AC di rumah, dan akan saya bagikan pengalaman kepada kalian tentang apa saja yang harus disiapkan sebelum berencana untuk pasang AC.

Lakukan Ini Sebelum Memasang AC Baru!

Memasang AC baru, bukan berarti kita hanya beli AC lalu panggil tukang pasang dan beres, Big No. Ada beberapa hal yang mesti kalian lakukan sebelum punya rencana untuk pasang AC di rumah maupun di kantor.

Berikut beberapa hal yang mesti kalian siapkan ketika akan pasang AC baru:

1. KETAHUI DAYA LISTRIK DI RUMAH/KANTOR

Sebelum pasang AC, kalian harus tau dulu berapa daya/watt listrik di rumah kalian. Karena jika kalian asal pasang AC dan ternyata daya AC lebih besar dari kapasitas listrik di rumah, tentu listrik akan mati.

tabel daya AC

Kalian juga harus tau fungsi dari AC yang akan kalian pasang untuk ruangan kecil atau besar. Jika ruangan kecil, bisa gunakan AC yang berkapasitas di bawah 1PK. AC dengan kapasitas ini cocok untuk ruangan kecil seperti kamar tidur dengan daya listrik yang tidak besar, berkisar 300-400watt (tergantung jenis AC).

Tetapi jika rencana kalian pasang AC untuk ruangan besar dengan kapasitas PK yang besar juga, tetapi daya listrik hanya 450-900watt, maka kalian harus upgrade daya listrik di rumah/kantor terlebih dahulu untuk menghindari mati listrik.

So, jangan asal pasang AC ya guys !!

2. AKSESORIS PASANG AC BARU

Ketika kalian akan pasang AC baru, tentunya akan membeli AC terlebih dahulu kan? Nah yang harus kalian ketahui adalah ketika membeli AC baru, kalian tidak mendapatkan aksesorisnya. Kalian hanya mendapatkan AC indoor, outdoor dan remote AC saja.

harga AC

Untuk aksesorisnya dijual terpisah, dan aksesoris AC itu ada bermacam-macam seperti braket AC, pipa, kabel, klem dll. Dan yang perlu kalian ketahui, itu belum termasuk jasa pasang AC ya guys.

Tetapi kebanyakan jasa pasang AC sudah include sama aksesoris AC, jadi ketika kalian memanggil jasa tukang pasang AC akan dikenakan biaya jasa pasang+belanja aksesoris sesuai kebutuhan AC.

3. PENEMPATAN AC INDOOR OUTDOOR

Ketiga, yang perlu kalian ketahui sebelum memasang AC baru adalah kalian harus tau dulu untuk penempatan AC indoor maupun outdoor akan kalian taruh mana.

memasang ac baru

Untuk perihal ini biasanya kalian bisa berkonsultasi kepada tukang pasang AC nantinya. Tetapi saran saya, lebih baik kalian harus bisa menentukan sendiri untuk AC akan ditaruh dimana karena kalianlah yang tau seluk beluk rumah kalian.

4. JALUR DAN PANJANG KABEL

Nah ini juga tak kalah penting, jalur dan panjang kabel sebelum memasang AC baru.

Biasanya jika kalian ingin pasang AC baru dan menggunakan jasa tukang pasang AC, maka kalian akan ditanya perkiraan panjang kabel yang dibutuhkan dari AC indoor ke outdoor. Tetapi jika tukang AC memilih untuk survey lokasi terlebih dahulu, maka panjang dan jalur kabel akan ditentukan sendiri olehnya.

Jalur dan panjang kabel dari AC indoor ke outdoor ini sangat penting kalian siapkan untuk meminimalisir pembengkakan biaya pasang AC baru dan kemudahan tukang AC untuk memasang AC baru.

5. SELANG PEMBUANGAN AIR

Selang pembuangan air ini beda dengan pipa AC dari indoor ke outdoor. Selang ini nantinya akan meneteskan air dari AC indoor sedikit demi sedikit.

Jika pembuangan air AC ditaruh dalam rumah, maka kalian harus siapkan ember atau wadah untuk menampung air yang menetes. Jika ditaruh di luar rumah, maka aman.

Kebetulan AC yang saya pasang, selang pembuangannya saya taruh dalem rumah karena tidak ada space, hehee jadi saya siapkan ember.

6. SIAP-SIAP RUMAH KOTOR

Nah yang terakhir adalah siap-siap rumah kotor saat proses pemasangan AC baru. Apalagi akan memasang AC baru di dalam kamar, maka siap-siap jadi berdebu karena tukang AC akan membuat lubang pada tembok untuk jalur pipa dan kabel AC.

Kalian bisa menutup kasur atau barang lainnya menggunakan koran/plastik agar saat pemasangan AC tidak terkena debu.

Oke itu tadi pengalaman pertama saya saat pasang AC baru di rumah. Buat kalian yang ingin pasang AC baru juga, alangkah baiknya perhatikan dahulu apa saja yang perlu kalian persiapkan saat akan pasang AC baru seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Semoga bermanfaat guys, selamat pasang AC baru bbbrrrrrrrrrrr!!!

Posting Komentar untuk "5+ Hal Yang Perlu Kalian Siapkan Ketika Akan Pasang AC Baru"