Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Cepat Save Dari DWG Autocad ke PDF

Masih banyak yang belum tau cara cepat untuk save file dwg autocad ke pdf jika layoutnya banyak. Saya sering menemukan beberapa teman saya masih memplot dwg autocadnya ke pdf dengan cara satu persatu, padahal ada cara cepatnya.

dwg autocad ke pdf

Oke pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara cepat save dwg autocad ke pdf agar tidak memplot atau print satu persatu.

Biasanya jika kalian selesai menggambar pada autocad lalu ingin dicetak menjadi hardcopy, pasti kalian akan save file autocad ke pdf terlebih dahulu. Nah bagaimana kalau layout yang kita buat sangat banyak? Apakah harus save satu persatu? Tentu tidak, simak penjelasan berikut ini.

Cara Save DWG ke PDF Dengan Cepat Untuk Beberapa Layout High Quality

Disini saya menggunakan aplikasi autocad 2020, untuk versi lainnya caranya sama. Oke langsung saja ini dia cara save dwg autocad ke pdf dengan cepat.

1. BUKA FILE AUTOCAD

Yang pertama silahkan buka file dwg autocad yang akan di save ke pdf seperti berikut.

save dwg ke pdf

Pada gambar diatas tertera ada 6 layout yang akan saya contohkan untuk save dwg ke pdf hanya dengan beberapa klik saja, jadi tidak perlu save atau memplot satu persatu. Lanjut ke langkah 2.

2. PILIH LAYOUT YANG AKAN DI EKSEKUSI

Setelah terbuka file dwg-nya, silahkan select atau pilih layout yang akan dijadikan pdf. Caranya dengan mengklik layout awal lalu tekan dan tahan shift pada keyboard setelah itu klik layout yang akhir. Disini saya akan save dwg ke pdf sebanyak 6 layout seperti berikut.

save autocad ke pdf

Setelah layout di select, tulisan akan berubah menjadi warna putih yang tadinya warna abu-abu seperti gambar diatas.

Setelah itu silahkan klik kanan pada layout lalu pilih “Publish Selected Layout” seperti berikut.

save cad ke pdf

Maka akan muncul kotak dialog publish beserta list layout yang sudah dipilih tadi. Karena kita akan save dwg autocad ke pdf maka pada pilihan “Publish to:” pilih PDF. Lalu pada pilihan “PDF Preset:” pilih AutoCAD PDF (High Quality Print) agar hasil pdf lebih tajam. Setelah selesai langsung klik “Publish.”

save dwg cad ke pdf

3. SAVE HASIL PDF

Langkah terakhir, setelah tadi kalian klik “Publish” maka akan muncul kotak dialog untuk save dwg ke pdf. Silahkan pilih dimana kalian akan save hasil pdf-nya. Disini saya akan save di my document. Setelah selesai klik “Select.”

save dwg autocad ke pdf

Maka akan muncul notif bahwa printing to pdf berjalan, silahkan klik “Close.” Untuk prosesnya bisa dilihat di tanda panah yaa.

convert cad ke pdf

Jika proses save dwg ke pdf telah selesai, yang saya tandai panah tadi akan muncul notif lagi bahwa “Plot and Publish Job Complete” seperti ini

convert dwg cad ke pdf

Finish, silahkan cek dimana kalian simpan hasil pdf tadi. Semua layout yang kalian pilih akan berubah menjadi pdf sesuai jumlah layoutnya.

cad ke pdf

Nah itulah tadi cara save dwg autocad ke pdf dengan metode cepat, jadi tidak perlu lagi save satu persatu.

Ohh iya gambar di autocad juga bisa dicopy loh ke Microsoft excel. Bagi yang belum tau caranya silahkan baca: Cara copy dwg cad ke excel

Oke semoga membantu yaa, terimakasih :)

Posting Komentar untuk "3 Cara Cepat Save Dari DWG Autocad ke PDF"