Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maulid Nabi 2022 - Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW di Rumah Bersama Keluarga

 

ASUPAN – Maulid Nabi atau mauludan adalah suatu tradisi umat Islam untuk memperingati hari  lahirnya Nabi Muhamaad SAW. Maulid Nabi tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022.

Tidak hanya memperingati di masjid, kita bisa memperingati malam Maulid Nabi bersama keluarga tercinta di rumah. Bisa ajak anak-anak, suami atau istri untuk memperingati Maulid Nabi bersama sehingga mengajarkan kepada anak kita untuk terus melahirkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan menjadikan rumah kita sebagai rumah yang disenangi oleh Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi di rumah bisa kita rayakan dengan membaca sholawat nabi bersama, menghidupkan sunnah-sunnah nabi, manjelaskan kepada anak tentang sosok Baginda Nabi Muhammad SAW, Membaca Al-Quran, do’a bersama dan ditutup dengan makan bersama keluarga. Tidak lupa untuk mengirimkan makanan kepada tetangga kanan kiri sebagai salah satu adab dalam bertetangga.

Berikut bacaan sholawat yang bisa dibaca sebanyak mungkin saat memperingati Maulid Nabi di rumah :

SHOLAWAT NABI

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa'ala ali Muhammad

Artinya:

"Ya, Allah. Beri-lah selawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW."

SHOLAWAT THIBBIL QULUB

Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

SHOLAWAT NARIYAH

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

SHOLAWAT MUNJIYAT

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati."

Posting Komentar untuk "Maulid Nabi 2022 - Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW di Rumah Bersama Keluarga"