Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOMPOR INDUKSI - Kelebihan dan Kekurangannya

 

Sumber : freepik.com

ASUPAN Kompor Induksi merupakan kompor listrik yang tidak lagi menggunakan gas sebagai bahan bakar tetapi menggunakan alat pemanas listrik melalui gulungan di bawah permukaan.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan kompor induksi itu sendiri? Simak baik-baik.

KELEBIHAN KOMPOR INDUKSI

1. Tidak lagi memerlukan gas elpiji

Ya sesuai namanya, kompor induksi listrik ini tidak lagi memerlukan bahan bakar gas karena bahan bakar sudah bersumber dari listrik itu sendiri.

2. Lebih cepat dan aman

Kompor induksi lebih aman karena tidak mengeluarkan api dan asap sehingga menjauhkan dari rasa khawatir perihal kebakaran. Panas yang dihasilkan juga lebih merata sehingga kegiatan memasak jauh lebih cepat dan tentunya menghemat waktu.

3. Mudah dibersikan

Pembersihan kompor ini juga lebih mudah karena tidak perlu lagi untuk membongkar part-part pada kompor layaknya kompor gas. Selain itu, peralatan memasak seperti panic dan wajan juga terhindar dari noda hitam, karena tidak terdapat api.

4. Praktis

Hanya dengan mencolokkan pada stop kontak, tunggu beberapa saat lalu kompor induksi siap digunakan

KEKURANGAN KOMPOR INDUKSI

1. Tidak semua alat masak bisa digunakan

Hanya peralatan masak yang menggunakan bahan baja anti karat yang bisa digunakan untuk jenis kompor induksi ini. Cara mengetahui alat masak bisa digunakan pada kompor ini yaitu dengan menaruh pada atas kompor, jika terasa ada tarikan magnet maka alat masak tersebut bisa digunakan.

2. Harga lebih mahal

Ada harga ada kualitas. Keamanan penggunaan kompor induksi ini menjadi salah satu faktor harga yang mahal. Dilansir dari harga di beberapa e-commerse, kompor induksi ini dipatok seharga 700rb untuk tipe satu tungku, sedangkan untuk dua tungku bisa mencapai 2 jutaan.

3. Mudah tergores

Perlu hati-hati jika ingin memindahkan kompor induksi ini karena sangat mudah untuk tergores. Permukaan kompor ini di lapisi kaca yang halus agar terkesan mewah, tetapi mudah tergores ketika ada benda tumpul yang tergeser di permukaan kompor.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kompor induksi. Bagaimana, tertarik membelinya?

Posting Komentar untuk "KOMPOR INDUKSI - Kelebihan dan Kekurangannya"