Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Copy gambar dari AutoCad ke Excel kok angka dimensi nya nge block ya???

Hai para pencari ilmu, terutama yang suka cari ilmu di dunia desain gambar dengan aplikasi yang tak asing lagi yaitu AUTOCAD. Memang terkadang ada saja kendala saat kita menggambar. Apalagi kalau kita ber profesi sebagai drafter di suatu perusahaan yang mengharuskan kita meng-copy hasil gambar kita ke Microsoft Office. Nah kali ini yg ane mau bahas yaitu gimana sih caranya biar hasil drawing/gambar kita pas di copy ke ke Microsoft Office terutama di Excel itu mulus tanpa pecah2 atau biasanya dari pengalaman ane, malah pas di copy hasil dimensinya ngeblock warna item. Nah loh gimana tuh caranya biar gak ngeblock kayak gitu. Oke, tanpa basa basi langsung simak aja gan !!!


Nah jika lo nemuin masalah yg kayak diatas, kagak usah bingung lagi nih tips nya :

1. BUKA DULU FILE DRAWING AUTOCAD AGAN











Kagak perlu ane jelasin lah ya caranya buka file autocad ente, ane yakin ente udah bisa hehehee :D.
Jika udah ke buka, lanjut ke langkah nomer 2

2. MASUKKAN COMMAND DIMENSION STYLE
Nah cara kedua, ketik command DIMENSION STYLE atau cukup ketik "D" lalu enter (tanpa tanda "). Maka, ente akan disuguhi tabel Dimensi seperti ini














Pilih dan klik Modify... pada pilihan sebelah kanan, lalu klik pada pilihan 'Text'
Nah pada pilihan 'Text' tersebut, ente disuguhi lagi beberapa macam pilihan yg khusus untuk me-modify Text pada AutoCad. Geser aja mouse ente pada pilihan 'Fill color' (seperti gambar diatas yg ane tandai coretan merah). Pilih pada pilihan 'None', gunanya biar text ente nanti terutama dimensi yg nge-block tadi kagak ada background nya (polos los). Setelah selesai klik 'OK'.

3. HAPUS DIMENSI LINIER PADA DRAWING ENTE, ULANGI LAGI PERINTAH DIMENSI LINIER
Setelah tadi ente klik 'OK' maka otomatis akan kembali ke layar awal AutoCad drawing ente. Langkah selanjutnya, hapus aja semua Dimensi Linier ente dulu gan hingga tak tersisa.
Nah, setelah drawing ente botak kagak ada dimensinya, ente ulangi dah proses dimensi lagi kayak pertama kali ente nge bikin ukuran. Tau kan caranya?? Cara cepetnya pake command 'DLI'.

Setelah lu utak atik sampe ada dimensinya lagi (kayak gambar di atas), nah tinggal lu selecion deh tuh semua gambar ente lalu tekan Ctrl+C

4. TERAKHIR, BUKA EXCEL ENTE GAN
Nah, Last step buka Excel ente dulu gan. Dari langkah nomer 3 tadi kan udah ente copy tuh selection drawingnya, kalau gitu ente tinggal paste in aja ke Excel nya. Eittsss tapi jangan langsung paste yak, seperti pada blog ane sebelumnya DISINI udah pernah ane jelasin caranya biar hasil paste ente kagak pecah2. Pada pojok kiri atas toolbar Excel, ada pilihan 'Paste', nah ente klik tuh anak panah kecil yg kebawah, abis itu entar lu di suguhin tabel lagi dan lu pilih Paste special. Maka akan muncul tabel kedua lalu ente pilih dan klik 'Picture (Enhanced Metafile) lalu klik 'OK'. Dan hasilnyaaa.....Taarraaaattttt.......











Selamat hasil copy-an drawing ente dimensinya udah kagak nge-block lagi dan yg terpenting dijamin kagak bakalan pecah2 tuh hasil copy-an. Selamat mencoba yaa.

3 komentar untuk "Copy gambar dari AutoCad ke Excel kok angka dimensi nya nge block ya???"

Unknown 21/1/16 12:21 AM Hapus Komentar
Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa, buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,, saya dapat nomor MBA IROK dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH IROK dan mengikuti 4D nya yaitu 0640 dan alhamdulillah berhasil. Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 08124405815 MBAH IROK, nomor ritual MBAH IROK meman benar2 100% tem , nomor ritual MBAH IROK memang benar2 100% tembus
Unknown 26/12/16 11:13 AM Hapus Komentar
Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.
Unknown 9/4/18 10:27 AM Hapus Komentar
Y